Global Berburu Minyak Nabati Alternatif, Harga Tak Terbendung

Harga minyak nabati pengganti minyak kelapa sawit atau crude palm oil melonjak seiring dengan penghentian ekspor bahan baku minyak goreng dari produsen terbesar, Indonesia. Padahal sejumlah negara bergantung pada impor minyak sawit sebagai alternatif yang lebih murah.

Asteria Desi Kartikasari

25 Apr 2022 - 16.22
A-
A+
Global Berburu Minyak Nabati Alternatif, Harga Tak Terbendung

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA—    Larangan ekspor bahan baku minyak goreng, minyak kelapa sawit mentah oleh Presiden Joko Widodo menyengat harga minyak nabati lain di pasar dunia. Apalagi Indonesia menjadi salah satu produsen minyak terbesar dunia. Alhasil, penurunan pasokan CPO akan memicu perburuan terhadap produk subtitusi. 

Tak ayal, kondisi tersebut menyentak harga CPO hingga menembus 6.700 ringgit per ton atau setara dengan Rp22,40 juta. Berdasarkan data Bursa Malaysia pada Senin(25/4/2022), harga CPO untuk kontrak Juli 2022 naik hingga 6 persen ke level 6.738 ringgit per ton atau US$1.550 per ton. Harga ini merupakan level tertinggi sejak perdagangan 11 Maret 2022 lalu.

Untuk harga minyak nabati lainnya,  berdasarkan data Bloomberg, harga minyak kedelai kontrakteraktif melesat 3,5 persen di Chicago pada Jumat (22/4/2022) ke US$0,82  per ton, beberapa jam setelah pengumuman larangan ekspor.  Penghentian pengiriman dimulai pada 28 April dan berlangsung hingga pemerintah menganggap bahwa masalah harga dan pasokan domestik kembali teratasi.

Indonesia merupakan salah satu negara eksportir CPO terbesar dunia yang mencakup hampir 60 persen pasokan dunia. Kebijakan larangan ekspor juga menambah langkah proteksionisme di seluruh dunia seiring dengan upaya melindungi pasokan bahan baku pangan masing-masing di tengah perang Rusia- Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Global Berburu Minyak Nabati Alternatif, Harga Tak Terbendung

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.