Goncangan Keras Bagi Startup, Sinyal 'Winter Coming' Makin Nyata

Investor dan modal ventura nampaknya lebih selektif dalam memberikan fasilitas pendanaan bagi perusahaan rintisan atau startup, tidak heran suntikan dana menjadi rebutan. Startup yang belum menuju profit sudah pasti tidak dilirik, sehingga efisiensi menjadi salah satu jalan keluar.

Asteria Desi Kartikasari

27 Mei 2022 - 15.55
A-
A+
Goncangan Keras Bagi Startup, Sinyal 'Winter Coming' Makin Nyata

Startup/Istimewa

Bisnis, JAKARTA—  Belakangan ini mulai marak startup global dalam kondisi layaknya zombie. Istilah ‘Zombie Startup’ merujuk pada kondisi perusahaan rintisan bernilai tinggi tetapi goyah dan membutuhkan investor baru untuk menyelamatkan mereka.

Pada kondisi tersebut,  perusahaan rintisan kesulitan mendapatkan pendanaan kembali lantaran valuasinya yang sudah terlampau tinggi. Sementara itu, banyak perusahaan modal ventura memilih untuk berinvestasi di startup berskala kecil dan menengah yang dinilai lebih prospektif.

Dengan kondisi itu, tidak mengherankan jika akhir-akhir ini muncul istilah yang dipopulerkan dalam serial Game of Thrones,‘Winter is Coming’atau musin dingin segera tiba bagi industri startup. 

Hal tersebut tercermin dari korporasi teknologi di Silicon Valley yang mencatatkan masa terburuk tahun ini dan disebut sebagai ‘zombie unicorn’. Bahkan sejumlah eksekutif perusahaan teknologi ingin menjual saham minoritas kepada investor luar untuk mendapatkan pendanaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Goncangan Keras Bagi Startup, Sinyal 'Winter Coming' Makin Nyata

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.