Gonjang-ganjing Industri Tekstil, Puluhan Ribu Karyawan Kena PHK

Industri tekstil terus mengarungi lautan badai. Belum menang melawan serbuan barang impor, pelemahan ekonomi global telah memaksa lebih dari 64.000 karyawan dari 124 perusahaan dirumahkan.

Nindya Aldila

3 Nov 2022 - 07.16
A-
A+
Gonjang-ganjing Industri Tekstil, Puluhan Ribu Karyawan Kena PHK

Industri tekstil (Dok. istimewa)

Bisnis, JAKARTA – Industri tekstil terus mengarungi lautan badai. Belum menang melawan serbuan barang impor, pelemahan ekonomi global telah memaksa lebih dari 64.000 karyawan dari 124 perusahaan dirumahkan.

Laporan dari Ketua Umum Perkumpulan Pengusaha Produk Tekstil Jawa Barat Yan Mei mengungkap terdapat 55.000 pekerja dikenakan pemutusan hubungan kerja (PHK) .

Gelombang PHK itu juga menyapu 18 perusahaan dari 14 kabupaten/kota di Jawa Barat yang akhirnya memutuskan tutup, sehingga 9.500 karyawan ikut dirumahkan. Yan memperingatkan angka tersebut bakal terus bertambah mengingat kinerja tekstil yang makin menurun.

Jumlah tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja berpotensi naik karena berkurangnya order sebanyak 50 persen sejak awal kuartal III/2022. Selain itu, sambungnya, pabrik juga tidak dapat berproduksi maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.