Gontai Industri Minol Akibat Naik Cukai

Kebijakan terkait cukai semestinya diarahkan untuk mengendalikan distribusi dan juga produksi barang-barang yang memiliki eksternalitas negatif seperti minuman beralkohol dan juga produk hasil tembakau.

Ni Luh Anggela, Afiffah Rahmah Nurdifa & Rizqi Rajendra

9 Jan 2024 - 21.47
A-
A+
Gontai Industri Minol Akibat Naik Cukai

Botol kemasan arak Bali dari Produsen Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) Lokal PT Lovina Industri Sukses. Foto bisnis.com

Bisnis, JAKARTA--Pemerintah menaikkan tarif cukai minumal beralkohol per awal tahun ini. Efeknya tak hanya pada kenaikan harga produk minuman keras itu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi menaikkan cukai minuman beralkohol per 1 Januari 2024. Hal ini tertuang dalam PMK No.160/2023 tentang tarif Cukai Etil Alkohol, Minuman yang Mengandung Etil Alkohol, dan Konsentrat yang Mengandung Etil Alkohol.

Aturan ini menggantikan PMK No.158/2018 tentang Tarif Cukai Etil Alkohol, Minuman yang Mengandung Etil Alkohol, dan Konsentrat yang Mengandung Etil Alkohol.

Dalam lampirannya, pemerintah menetapkan bahwa tarif cukai MMEA golongan A dengan etil alkohol (EA) sampai dengan 5%, disesuaikan menjadi Rp16.500 per liter, baik untuk MMEA yang diproduksi di dalam maupun luar negeri atau impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Gontai Industri Minol Akibat Naik Cukai

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.