Green Sukuk Semakin Diminati Investor

Investor mulai menyadari prinsip investasi yang memperhatikan unsur Environmental, Social, and Governance (ESG) seiring meningkatnya kesadaran terhadap kelestarian lingkungan.

Lorenzo Anugrah Mahardhika, Ika Fatma Ramadhansari & Lukas Hendra

18 Nov 2021 - 10.56
A-
A+
Green Sukuk Semakin Diminati Investor

Infografis, penerbitan sukuk ritel 2020-2021. -Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Popularitas sukuk hijau (green sukuk) diproyeksi semakin meningkat seiring naiknya minat investor terhadap instrumen keuangan yang berkelanjutan. Hal itu pun tercermin dari tingginya aliran dana ke sukuk tabungan (ST) seri ST008. 

ST008 merupakan green sukuk ritel yang menunjukkan komitmen dan kontribusi pemerintah dalam mengembangkan pasar uang syariah serta dalam mengatasi perubahan iklim. Pada Rabu (17/11), pemesanan ST008 resmi ditutup sehari sebelum masa penawaran berakhir. 

Itu karena pemesanan yang masuk telah mencapai target pemerintah sebesar Rp 5 triliun. Head of Fixed Income Research Mandiri Sekuritas, Handy Yunianto, menyebutkan struktur kupon ST008 berhasil menarik minat investor. Kupon yang ditawarkan ST008 memang cukup rendah namun bersifat floating to floor atau memiliki batas bawah.

Dengan begitu, tenor yang relatif rendah masih berpotensi meningkat jika suku bunga BI naik. Hal itu menjadikan ST008 sebagai salah satu alternatif hedging untuk investor obligasi yang biasanya fixed rate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.