Grup SMGR, Solusi Bangun (SMCB) Reklamasi 110,81 Hektare Lahan Pascatambang

SBI Pabrik Cilacap telah melakukan reklamasi seluas 110,81 hektare pada lahan pascatambang batu gamping di Nusakambangan dan lahan pascatambang tanah liat di Jeruklegi dengan melakukan penanaman 81.374 pohon.

Redaksi

30 Apr 2024 - 06.27
A-
A+
Grup SMGR, Solusi Bangun (SMCB) Reklamasi 110,81 Hektare Lahan Pascatambang

Area reklamasi lahan pascatambang batu gamping PT Solusi Bangun Indonesia Tbk di Nusakambangan./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Emiten grup Semen Indonesia (SMGR), PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. (SMCB) Pabrik Cilacap telah melakukan reklamasi seluas 110,81 hektare lahan pascatambang di dua tempat, yakni Nusakambangan dan Jeruklegi, Jawa Tengah.

Corporate Secretary Semen Indonesia, Vita Mahreyni mengatakan hingga saat ini SBI Pabrik Cilacap telah melakukan reklamasi seluas 110,81 hektare pada lahan pascatambang batu gamping di Nusakambangan dan lahan pascatambang tanah liat di Jeruklegi dengan melakukan penanaman 81.374 pohon. Reklamasi dilakukan untuk memulihkan kembali fungsi lahan sesuai peruntukannya.

“SMGR berkomitmen untuk menjalankan kaidah pertambangan yang baik guna mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, dengan memenuhi kebutuhan saat ini tanpa membahayakan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya, sehingga tercipta kondisi yang baik bagi seluruh generasi,” katanya, Selasa (30/4/2024). 

SMCB juga meraih penghargaan Good Mining Practice (GMP) 2024 Terbaik 1 kategori Perusahaan Skala Besar pada ajang GMP Award Provinsi Jawa Tengah 2024. 

SBI Pabrik Cilacap meraih penghargaan GMP 2024 Terbaik 1 karena dinilai telah memenuhi 15 kriteria dalam aspek pertambangan, di antaranya Keselamatan Operasional Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Reklamasi dan Pascatambang, Corporate Social Responsibility atau Pemberdayaan Masyarakat, serta Pembayaran Pajak Mineral.

Baca Juga :


SMGR dan entitas grupnya terus berupaya menjalankan operasional tambang berkelanjutan sesuai kaidah pertambangan yang baik secara holistik, mulai dari aspek teknis pertambangan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), pengelolaan pascatambang, hingga pemberdayaan masyarakat.

“SIG menerapkan standar yang tinggi untuk keselamatan kerja, termasuk pada aktivitas penambangan. Implementasi kaidah pertambangan yang baik sejalan dengan semangat keberlanjutan SIG untuk menciptakan kondisi kerja yang aman dan nyaman, sekaligus perlindungan terhadap kelestarian lingkungan,” kata Vita Mahreyni.

Baca Juga :


Dalam kegiatan penambangan, SMCB Pabrik Cilacap secara konsisten menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dan kebijakan K3, khususnya Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan. Hal ini berlaku bagi seluruh karyawan maupun pihak kontraktor. SBI Pabrik Cilacap juga melakukan audit dan evaluasi secara berkala untuk perbaikan dan peningkatan kinerja. 

Atas konsistensi ini, pada 2023 SBI Pabrik Cilacap berhasil mencatatkan zero accident pada aktivitas penambangan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.