Gudang Garam dan Sederet Pengusaha Swasta di Proyek Jalan Tol RI

Sejak tahun 1979 hingga akhir 2023 terdapat 2.817 Km panjang jalan tol yang telah beroperasi. Ditargetkan hingga akhir tahun ini, panjang jalan tol yang beroperasi bertambah menjadi 3.338 Km. Artinya sepanjang tahun ini pemerintah akan menyelesaikan dan mengoperasikan jalan tol sepanjang 570 Km.

Redaksi

29 Feb 2024 - 15.44
A-
A+
Gudang Garam dan Sederet Pengusaha Swasta di Proyek Jalan Tol RI

Ilustrasi Bangun Jalan Tol

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah tengah menggenjot pembangunan jalan tol. Selama ini pembangunan jalan tol dilakukan oleh BUMN Karya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pihak swasta turut serta membangun jalan tol. 

Masuknya swasta di luar BUMN pada bisnis jalan tol sejalan dengan ambisi Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) untuk mengenjot pembangunan infrastruktur. Swasta umumnya mengambil peran dalam pembangunan jalan tol ketika layak secara bisnis tetapi anggaran negara terbatas.

Sejak tahun 1979 hingga akhir 2023 terdapat 2.817 Km panjang jalan tol yang telah beroperasi. Ditargetkan hingga akhir tahun ini, panjang jalan tol yang beroperasi bertambah menjadi 3.338 Km. Artinya sepanjang tahun ini pemerintah akan menyelesaikan dan mengoperasikan jalan tol sepanjang 570 Km. 

Adapun target pengoperasian hingga akhir tahun ini berbeda dengan pemaparan Kementerian PUPR dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR pada Maret 2023 lalu. Dalam RDP tersebut, Pemerintah menargetkan hingga akhir tahun 2024 terdapat 3.196 Km panjang jalan tol yang akan beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.