Guyuran Beras Kemasan di Tengah Terbatasnya Pasokan

Pemerintah mengguyur 200.000 ton beras kemasan ke ritel modern di sejumlah wilayah seiring mulai terbatasnya pasokan pangan itu di masyarakat. Apa yang melatarbelakangi kelangkaan beras kali ini?

Dwi Rachmawati

12 Feb 2024 - 23.16
A-
A+
Guyuran Beras Kemasan di Tengah Terbatasnya Pasokan

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mendampingi Presiden RI, Joko Widodo melakukan peninjauan Gudang Bulog dan Peluncuran Program Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di Komplek Pergudangan Sunter Timur II, Jakarta./Dok Setpres

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah  mengguyur ratusan ribu ton beras ke ritel modern seiring dengan mulai terbatasnya stok beras premium di pasaran. Satuan tugas pangan Polri ikut turun tangan mengawasi distribusi beras dari penggilingan hingga ke masyarakat. 

Setelah asosiasi peritel mengadukan kelangkaan pasokan beras kemasan di berbagai daerah, pemerintah lantas mengguyur sedikit 200.000 ton beras ke pelbagai gerai modern di sejumlah wilayah Tanah Air. . 

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa Presiden telah memberikan instruksi untuk mendistribusikan sebagian beras dari Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) ke gerai-gerai ritel modern.

Adapun, 50.000 ton bakal didistribusikan oleh Food Station di wilayah DKI Jakarta, sementara sisanya didistribusikan oleh Bulog. Adapun nantinya, beras yang disalurkan dalam kemasan 5 kilogram di gerai ritel modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.