Hadapi Badai Baru, Bank Jaga Layar Tetap Terkembang

Kinerja industri perbankan kembali berada dalam tantangan tahun ini akibat sentimen negatif di pasar global maupun domestik. Namun, pelaku industri perbankan dalam negeri sejauh ini masih optimistis kinerjanya akan kuat hingga akhir tahun ini.

Emanuel Berkah Caesario

23 Apr 2022 - 19.12
A-
A+
Hadapi Badai Baru, Bank Jaga Layar Tetap Terkembang

Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang BCA di Jakarta, Selasa (21/12/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Pelaku industri perbankan tetap optimistis pertumbuhan kinerja kredit akan tetap optimal tahun ini kendati dibayangi oleh sentimen negatif dari kenaikan suku bunga global, pengetatan moneter, konflik geopolitik, hingga inflasi.

Kondisi pandemi memang secara perlahan mulai mereda dampaknya terhadap ekonomi. Risiko rawat inap dan tingkat kematian akibat terpapar Covid-19 kini tidak lagi setinggi sebelumnya, sehingga pemerintah pun percaya diri untuk melonggarkan aktivitas ekonomi.

Seiring dengan itu, mestinya kondisi ekonomi bakal melaju pesat tahun ini. Sayangnya, belum sempat momentum ini dioptimalkan, perekonomian keburu dihantam oleh tantangan baru lagi, mulai dari tantangan global hingga domestik.

Kondisi ini berpotensi meningkatkan risiko bagi pelaku usaha yang hendak berekspansi. Seiring dengan itu, risiko kredit mereka pun meningkat. Hal ini pun berpotensi bakal kembali menyebabkan pelaku industri perbankan lebih selektif dan hati-hati dalam menyalurkan kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Hadapi Badai Baru, Bank Jaga Layar Tetap Terkembang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.