Hadapi Interpelasi PSI dan PDIP, Anies Rangkul 7 Fraksi

Anies mengatakan langkah interpelasi yang diajukan oleh PDIP dan PSI terkait program prioritas Formula E adalah hak dewan. Hak Interpelasi, Anies menggarisbawahi, berada pada internal dewan yang tidak menyangkut dengan kinerja esekutif. 

Saeno
27 Agt 2021 - 14.34
A-
A+
Hadapi Interpelasi PSI dan PDIP, Anies Rangkul 7 Fraksi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi

Bisnis, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pendekatan kepada 7 fraksi setelah politisi PSI dan PDIP mengajukan usulan hak interpelasi di DPRD DKI Jakarta. Usulan pengajuan hak interpelasi terkait penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

Kamis (26/8/2021) Anies dikabarkan mengumpulkan tujuh fraksi DPRD DKI di rumah dinasnya di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Persamuhan Anies bersama sebagian besar elite politik Kebon Sirih itu membahas sejumlah isu krusial yang ada di Ibu Kota belakangan ini.

Selain pandemi, Anies diketahui meyakinkan seluruh elite politik yang hadir terkait dampak positif terselenggaranya balapan mobil listrik Formula E tahun depan. 

Salah satu anggota DPRD dari Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter menuturkan Anies ingin Formula E menjadi cerminan penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Dengan terselenggarannya Formula E, Jupiter menambahkan, publik internasional dapat menilai positif keberhasilan pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19 di Ibu Kota. 

Jupiter beralasan Formula E Operation (FEO) memiliki standar yang tinggi untuk mengizinkan suatu kota menjadi tuan rumah gelaran balap mobil listrik tersebut. Misalkan, dia mencontohkan, FEO tidak bakal mengizinkan Jakarta menggelar balapan mobil listrik apabila kurva pandemi masih mengkhawatirkan. 

“Kita menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia khususnya Jakarta mampu mengatasi wabah pandemi Covid-19 ketika pergelaran event ini diselenggarakan,” kata Jupiter melalui sambungan telepon, Jumat (27/8/2021). 

Di sisi lain, Jupiter mengatakan, gelaran balap mobil listrik itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota. Dia optimis gelaran Formula E dapat menarik lebih banyak investor ke Ibu Kota. 

“Secara tidak langsung kita telah menunjukkan kepada dunia bahwa pemerintah mampu mengatasi wabah ini, kita bisa menarik investor yang berada di luar negeri,” tuturnya. 

Adapun tujuh fraksi yang ikut persamuhan Anies di rumah dinas gubernur itu adalah:

- Gerindra

- PKS

- Golkar

- Nasdem

- PAN

-PKB

-PPP

-Demokrat. 

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumpulkan tujuh fraksi DPRD DKI di rumah dinasnya yang terletak di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (26/8/2021) malam. - Istimewa

Sebelumnya, 33 anggota DPRD DKI Jakarta resmi mengajukan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait gelaran balapan mobil listrik Formula E tahun 2022.

Adapun 33 anggota pengusul hak interpelasi itu berasal dari fraksi PDIP dan PSI.

Salah satu pengusul hak interpelasi dari Fraksi PDIP Rasyidi mengatakan hak interpelasi itu diarahkan untuk mendengar penjelasan Anies soal gelaran mobil listrik tersebut.

Malahan, Rasyidi menegaskan, interpelasi itu ditargetkan untuk membatalkan program prioritas tersebut. “Dari hasil pemeriksaan BPK itu kalau dilakukan Formula E bukan menguntungkan, tapi ada potensi kerugian,” katanya saat menyampaikan hak interpelasi kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di Lantai 10 Gedung Kebon Sirih, Kamis (26/8/2021).

BPK menemukan adanya sejumlah permasalahan terkait rencana gelaran balap mobil listrik yang tertunda akibat pandemi Covid-19. Permasalahan itu disinyalir terkait belum optimalnya renegosiasi dengan pihak FEO ihwal status keberlanjutan kerja sama dan pendanaan yang telah disetorkan. 

Temuan itu berasal dari hasil audit BPK atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019. BPK mencatat Pemprov DKI Jakarta telah membayar Rp984,31 miliar kepada FEO terkait commitment fee rencana musim penyelenggaraan tahun 2019 dan 2020. 

Pengeluaran itu belum termasuk realisasi biaya penyelenggaraan Formula E Tahun 2019 yang telah ditalangi PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro Rp439,2 miliar. Selaku badan usaha milik daerah (BUMD), Jakpro ditugaskan untuk menyelenggarakan gelaran tersebut.

Saat mengajukan usul interpelasi, Rasyidi menggarisbawahi gelaran balap mobil listrik itu bakal membebani postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD DKI yang relatif seret hingga semester pertama 2021.

“Bagaimana dalam rangka pandemi Covid-19 apa yang kita mintakan segi pajak, 13 unsur pajak itu tidak tercapai, lebih baik uangnya itu dimanfaatkan untuk masyarakat dalam mengatasi pandemi,” tuturnya.

Sebanyak 33 anggota DPRD DKI Jakarta resmi mengajukan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait gelaran balapan mobil listrik Formula E tahun 2022. /Bisnis- Nyoman Ary Wahyudi

Adapun 33 anggota DPRD DKI Jakarta itu berasal dari 2 fraksi yakni PDIP sebanyak 25 orang dan delapan orang lainnya dari PSI.

Sebelumnya, BPK menemukan adanya sejumlah permasalahan terkait rencana gelaran balap mobil listrik yang tertunda akibat pandemi Covid-19.

Permasalahan itu disinyalir terkait belum optimalnya renegosiasi dengan pihak FEO ihwal status keberlanjutan kerja sama dan pendanaan yang telah disetorkan. Temuan itu berasal dari hasil audit BPK atas laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019.

SIKAP ANIES

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal melanjutkan rencana perhelatan balap mobil listrik Formula E tahun depan. “Kita jalan terus, kita fokus, bagi kami yang penting warga Jakarta. Bukan interpelasi, yang terpenting adalah warga Jakarta selamat, warga Jakarta bisa bekerja dengan baik, kondisi pandemi tertangani,” kata Anies saat acara peletakkan batu pertama pembangunan Masjid At Tabayyun di Komplek Perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat, Jumat (27/8/2021). 

Anies mengatakan langkah interpelasi yang diajukan oleh PDIP dan PSI terkait program prioritas Formula E adalah hak dewan. Hak Interpelasi, Anies menggarisbawahi, berada pada internal dewan yang tidak menyangkut dengan kinerja esekutif. 

“Hak Interpelasi adalah usulan di dalam dewan yang nanti akan diproses secara internal oleh dewan,” kata dia. 

Denah sirkuit formula E/Istimewa

Anies mengumpulkan tujuh fraksi DPRD DKI di rumah dinasnya di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (26/8/2021) malam.

Dalam pertemuan itu, dibahas sejumlah isu krusial di Ibu Kota belakangan ini. Selain pandemi, Anies diketahui meyakinkan seluruh elite politik yang hadir terkait dampak positif terselenggaranya balapan mobil listrik Formula E tahun depan. 

(Nyoman Ary Wahyudi, Nancy Junita, Edi Suwiknyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.