Hadiah Yayasan Tarumanagara untuk Jakarta di HUT ke-64

Yayasan Tarumanagara mendukung aktivitas akademik dan masyarakat umum melalui pembangunan fasilitas penunjang, salah satunya jembatan penyeberangan orang (JPO) strategis yang menghubungkan dua jalan tol dan dua jalan protokol.

Tim Redaksi

14 Des 2023 - 07.58
A-
A+
Hadiah Yayasan Tarumanagara untuk Jakarta di HUT ke-64

Pimpinan Yayasan Tarumanagara bersama Walikota Jakarta Barat dan jajaran di atas JPO Tarumanagara Bridge.

Bisnis, JAKARTA - Yayasan Tarumanagara mendukung aktivitas akademik dan masyarakat umum melalui pembangunan fasilitas penunjang, salah satunya jembatan penyeberangan orang (JPO) strategis yang menghubungkan dua jalan tol dan dua jalan protokol. 

JPO yang dikenal dengan Tarumanagara Bridge itu diresmikan pada 20 Juli 2023 dalam rangka perayaan HUT ke-64 Yayasan Tarumanagara. Peresmian dilakukan oleh Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Periode 2022—2027, Ariawan Gunadi berserta jajaran pembina, pengawas, dan juga dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto dan perancang busana Anne Avantie. 

Lokasi Tarumanagara Bridge sangat strategis karena menjadi akses untuk pejalan kaki dapat menyeberangi dua jalan tol dan dua jalan protokol dengan aman dan nyaman. Selain menunjang  aktivitas akademik, jembatan yang dilengkapi dengan lift bagi penyandang disabilitas itu bisa digunakan oleh masyarakat umum. 

Dari prestasi tersebut, Yayasan Tarumanagara menerima penghargaan Bursa Efek Indonesia IDX (Indonesia Stock Exchange) CSR Award 2023 kategori special award JPO Tarumanagara yang dianugerahkan di Main Hall Bursa Efek Indonesia Selasa 12 Desember 2023.

Yayasan Tarumanagara saat ini menjalankan lima unit bisnis di bidang pendidikan, kesehatan, serta pengembangan usaha. 

Unit bisnis itu terdiri dari Universitas Tarumanagara (bidang pendidikan), Tarumanagara Xinya College (bidang pendidikan Bahasa Asing), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tarumanagara (bidang pendidikan kesehatan) yang saat ini sedang berproses menjadi Institut Tarumanagara, dan Rumah Sakit Royal Taruma (bidang kesehatan) yang diselenggarakan melalui PT. Taruma Bhakti Medika.  

Peresmian JPO Tarumanagara Bridge Yayasan Tarumanagara bersama Walikota Jakarta Barat

Unit usaha lainnya yakni Taruma Bhakti Usaha (Bidang Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan) yang saat ini sedang fokus dalam pengembangan Kampus 3 Tarumanagara di Jakarta Selatan dan Kampus 4 di Tangerang yang memiliki konsep pengembangan kota mandiri (Tarumanagara City), serta Tarumanagara Enterprise (unit pengembangan usaha) yang berfokus pada peningkatan kegiatan usaha yang berkelanjutan.

Adapun bentuk fokusnya terhadap dunia pendidikan juga diwujudkan melalui revitalisasi Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoeriyyah di Ciherang, Sukabumi, Jawa Barat. Sekolah madrasah tersebut hancur terdampak gempa bumi, sehingga Yayasan Tarumanagara sebagai pengemban misi di bidang pendidikan dengan sigap mengarahkan segenap jajaran untuk melakukan pembangunan dan telah menyelesaikannya pada 6 Februari 2023.  


INFRASTRUKTUR PENUNJANG

Di tengah kehadirannya di masyarakat, Yayasan Tarumanagara tidak lupa melakukan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan melalui pengembangan Tarumanagara Arena 1 dan 2 serta fitness center dengan harapan dapat menyediakan fasilitas modern dan berkelas untuk mendukung kegiatan dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. 

Pembangunan Tarumanagara Arena 1 berlangsung pada 26 Agustus—30 November 2022, menyusul kemudian Tarumanagara Arena 2 yang diresmikan pada 9 November 2023 dengan menyajikan fasilitas baru yang lengkap seperti lapangan basket, voli, badminton dan fasilitas pendukung seperti locker room, toilet & shower room, hingga sauna.

Upaya meningkatkan kontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan juga dilakukan oleh yayasan dengan membangun Creative Hub di Hall A Kampus II yang tuntas pada 20 Februari 2023. Fasilitas ini menghadirkan suasana homey dan cozy dari segi interior guna memaksimalkan kegiatan pembelajaran mahasiswa, menunjang kegiatan dalam berkreasi, dan menjadikan lingkungan yang lebih produktif.

Dari sektor kesehatan, yayasan mengembangkan Royal Taruma dari rumah sakit umum komersial menjadi Rumah Sakit Pendidikan Tarumanagara guna mendukung pembelajaran di Universitas Tarumanagara. RS Pendidikan Tarumanagara sudah menyelesaikan proses pembangunan dan tengah dalam proses perizinan serta proses terkait BPJS yang diperkirakan tuntas pada tahun 2024. 

Peresmian Batik Nusantara oleh Yayasan Tarumanagara dan Anne Avantie


Seiring dengan pengembangan Royal Taruma, Yayasan Tarumanagara meningkatkan kualitas pada fasilitas pendidikan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UNTAR dengan membangun Laboratorium Anatomi yang diresmikan pada 23 Agustus 2023 lalu. 

Laboratorium Anatomi hadir untuk memberikan perubahan signifikan dari peralatan maupun properti yang sudah ada menjadi lebih modern. Fasilitas ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat mahasiswa dalam mempelajari anatomi sebagai dasar ilmu seorang dokter.

Tidak ketinggalan, Yayasan Tarumanagara juga telah meresmikan Laboratorium Litigasi Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara pada 6 April 2023 untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang hukum.

Seluruh inovasi dan terobosan yang telah dilakukan oleh Yayasan Tarumanagara tentunya diharapkan dapat menunjang seluruh kegiatan penggunanya dan turut serta dalam mengembangkan kualitas Pendidikan dan Kesehatan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.