Harap Cemas Nasib Tol Getaci & Bocimi Terancam Keluar Daftar PSN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rupanya tengah deg-degan terhadap penyelesaian sejumlah proyek strategis nasional (PSN). Terlebih, Presiden Joko Widodo menargetkan sejumlah proyek PSN dapat diselesaikan paling lambat pada semester I tahun 2024 seiring berakhirnya masa pemerintahan.

Yanita Petriella

29 Mei 2023 - 19.27
A-
A+
Harap Cemas Nasib Tol Getaci & Bocimi Terancam Keluar Daftar PSN

Konstruksi ruas tol Bocimi yang termasuk PSN. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rupanya tengah deg-degan terhadap penyelesaian sejumlah proyek strategis nasional (PSN). Terlebih, Presiden Joko Widodo menargetkan sejumlah proyek PSN dapat diselesaikan paling lambat pada semester I tahun 2024 seiring berakhirnya masa pemerintahan. 

Adapun terdapat dua ruas jalan tol yang merupakan bagian PSN tengah dilakukan pengkajian status. Kedua ruas itu yakni jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Getaci) dan jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi). 

Hingga saat ini, konstruksi tol Getaci belum dilakukan. Jadwal konstruksi tersebut mundur dari rencana awal yang seharusnya mulai dibangun pada akhir tahun lalu kemudian ditargetkan pada kuartal II tahun ini. Konstruksi tol Getaci yang molor dikarenakan pemerintah bakal menggelar tender ulang proyek tol Getaci pada semester kedua tahun ini. Hal ini dikarenakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) berencana untuk keluar dari konsorsium PT Jasa Marga Gede Bage Cilacap (PT JGC) dalam pembangunan ruas tol Getaci.

Padahal, Tol Getaci ditargetkan selesai pada 2024 untuk tahap pertama dan ditargetkan secara keseluruhan dapat beroperasi pada 2029. Pembangunan Tol Getaci diperkirakan akan menghabiskan biaya investasi sebesar Rp56,20 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun yang terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Harap Cemas Nasib Tol Getaci & Bocimi Terancam Keluar Daftar PSN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.