Harapan Jokowi agar KEK Lido Milik Hary Tanoe Segera Selesai

Pembangunan seluruh area lahan KEK Lido seluas 1.040 hektare dibutuhkan waktu sepuluh tahun. Namun, dalam waktu dekat kawasan milik MNC Group sudah beroperasi.

Jaffry Prabu Prakoso

1 Apr 2023 - 15.00
A-
A+
Harapan Jokowi agar KEK Lido Milik Hary Tanoe Segera Selesai

Presiden Joko Widodo meresmikan KEK Lido. /Setpres.

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Lido milik MNC Group dapat rampung secepatnya.

Hal itu disampaikan Jokowi langsung kepada Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat peresmian KEK Lido, pada Jumat (31/3/2023). Menurut presiden, KEK Lido berpotensi menggaet para wisatawan karena memiliki keunggulan kelas dunia. 

"Ini bagus ya kalau bisa ini cepat diselesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," kata Jokowi usai meresmikan KEK Lido di Bogor, Jawa Barat.


Proyek KEK Lido/ Widya Islamiati


Di sisi lain, MNC Group berjanji merampungkan secepatnya proyek tersebut. Hanya, seperti disampaikan Direktur PT MNC Land Tbk, Natalia Cecilia Tanudjaja, pihaknya belum bisa memastikan kapan proyek yang dibangun di atas lahan seluas 1.040 Ha tersebut akan rampung sepenuhnya.

“Ini panjang [masa pembangunan]. Ini 10 tahun tidak akan habis ini,” kata Natalie saat ditemui Bisnis di KEK Lido, Bogor Jawa Barat pada Jumat (31/3/2023).

Natalia mengungkapkan bahwa pembangunan KEK Lido secara keseluruhan dilakukan secara bertahap. Dia menyebutkan, dalam kurun waktu satu tahun proyek besar MNC Group ini akan menambah hingga tiga objek wisata baru di dalamnya.

“Karena kita semuanya bertahap, tapi ya saya sampaikan, setiap tahun akan ada tiga objek yang baru di KEK Lido ini,” tambahnya.

Baca juga: Mengerem Outflow Devisa Wisata Lewat KEK Lido

Walau belum seluruhnya dikembangkan, KEK Lido bisa langsung beroperasi sewaktu pembangunan berbagai objek wisata lebih dulu rampung. 

“Jadi tahun ini kami ada hotel, baru kita ada golf, ada Lido Music and Art Centre [LMAC], kami ada movie land, ada empat yang beroperasi,” jelas Natalia.

Sekadar informasi, MNC Land Tbk siap mengoperasikan tiga proyek di KEK MNC Lido City. Ketiga proyek tersebut yakni LMAC (Lido Music Art Center), Movieland, dan Trump International Lido Golf.

Devisa Pariwisata Rp32 Triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kawasan ekonomi khusus (KEK) Lido milik taipan Hary Tanoesoedibjo dapat menghemat devisa pariwisata hingga Rp32 triliun.

Baca juga: Gairah Pariwisata Terkubur bersama Impian sang Tuan Rumah U-20

Dia berharap KEK Lido dapat menjadi alternatif liburan bagi wisatawan nasional. Apalagi, jumlah wisatawan di Indonesia yang keluar negeri mencapai 11,7 juta.

"Karena lokasinya dekat, diperkirakan KEK Lido bisa menghemat devisa sebesar US$2,4 miliar atau Rp32 triliun. KEK Lido juga bisa menyerap lebih dari 30.000 tenaga kerja dalam 20 tahun ke depan," ungkapnya saat peresmian KEK Lido, Jumat (31/3/2023).


Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Golkar tersebut mengatakan ada tiga tahap yang direncanan untuk pembangunan KEK Lido. Tahap pertama yang dilaporkan sekitar Rp14 triliun.

Airlangga mengatakan bahwa sampai dengan tahap ke dua ada tambahan Rp5,8 triliun. Dengan demikian, dia menuturkan totalnya mencapai Rp40 triliun. (Widya Islamiati/Akbar Evandio)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.