Harap-Harap Inflasi Tetap Terkendali Setelah Idulfitri 2023

THR yang di satu sisi bisa mendorong pertumbuhan, pada sisi lain dapat menaikkan inflasi. Pengamat menyarankan sejumlah strategi agar pemerintah dapat mencegah kenaikan inflasi.

Saeno

31 Mar 2023 - 11.47
A-
A+
Harap-Harap Inflasi Tetap Terkendali Setelah Idulfitri 2023

Pengamat menilai inflasi Maret akan mengalami kenaikan, walau begitu secara tahunan masih berada di kisaran sasaran./BIsnis

Bisnis, JAKARTA – Meski inflasi pada Maret 2023 diprediksi naik secara bulanan, secara tahun berjalan inflasi justru diperkirakan melambat.  Sementara itu, THR yang di satu sisi bisa mendorong pertumbuhan, pada sisi lain dapat menaikkan inflasi. Pengamat menyarankan sejumlah strategi agar pemerintah dapat mencegah kenaikan inflasi.

Kondisi inflasi pada bulan Maret 2023 tidak terlepas dari momen Ramadan. Kenaikan harga makanan, perhotelan, perjalanan, restoran, dan layanan rekreasi diproyeksikan menjadi pendorong inflasi.

Tunjangan hari raya (THR) yang akan menambah daya beli diyakini mendorong meningkatnya konsumsi masyarakat terutama dalam menyambut momen Idulfitri 1444 H/2023 M.

Meski begitu, ada juga kemungkinan masyarakat berhemat, tidak menghabiskan seluruh dana THR yang diterimanya saat lebaran. Dengan begitu, efek THR terhadap inflasi kemungkinan akan terbatas.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Harap-Harap Inflasi Tetap Terkendali Setelah Idulfitri 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.