Harga BBM Nonsubsidi Pertamax cs Turun, Pertamina Tebar Hadiah

Berdasarkan pengumuman resmi yang dirilis Pertamina, harga Pertamax (RON 92) untuk wilayah Jabodetabek mengalami penurunan sebesar Rp900 menjadi Rp12.400 per liter per 1 Juni 2023. Pada bulan sebelumnya, harga Pertamax dibanderol seharga Rp13.300 per liter.

Ibeth Nurbaiti

4 Jun 2023 - 11.55
A-
A+
Harga BBM Nonsubsidi Pertamax cs Turun, Pertamina Tebar Hadiah

Petugas melakukan pengisian bahan bakar minyak di salah satu SPBU di Jakarta, Selasa (3/1/2023). PT Pertamina (Persero) resmi mengumumkan penurunan harga jual bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi jenis Pertamax series dan Dexlite series. Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak nonsubsidi di seluruh stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), dengan menurunkan harga Pertamax dan Dexlite series yang berlaku mulai 1 Juni 2023.

Sejalan dengan itu, perseroan melalui anak usaha PT Pertamina Patra Niaga juga kembali menghadirkan Program MyPertamina Tebar Hadiah, sebagai bentuk apresiasi tertinggi bagi pelanggan yang sudah setia menggunakan dan membeli produk-produk berkualitas Pertamina, seperti Pertamax Series, Dex Series, dan berbagai varian Bright Gas melalui aplikasi MyPertamina.

Adapun, berdasarkan pengumuman resmi yang dirilis Pertamina, harga Pertamax (RON 92) untuk wilayah Jabodetabek mengalami penurunan sebesar Rp900 menjadi Rp12.400 per liter per 1 Juni 2023. Pada bulan sebelumnya, harga Pertamax dibanderol seharga Rp13.300 per liter. 

Baca juga: 'Harta Karun' Blok East Natuna Kembali ke Tangan Pertamina

Penyesuaian harga tersebut dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Selain Pertamax, harga Pertamax Turbo juga mengalami penurunan sebesar Rp1.400 menjadi Rp13.600 per liter. Pada bulan lalu, BBM jenis bensin dengan nilai oktan 98 (RON 98) tersebut dipatok seharga Rp15.000 per liter.

Baca juga: Fakta Beli BBM Subsidi di Jakarta Wajib Terdaftar di MyPertamina

Tidak jauh berbeda, harga BBM nonsubsidi jenis diesel, yakni Dexlite turun Rp1.050 menjadi Rp12.650 per liter dari sebelumnya Rp13.700 per liter, sementara Pertamina Dex turun Rp1.350 menjadi Rp13.250 per liter dari bulan lalu Rp14.600 per liter. Di sisi lain, untuk harga BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar tidak mengalami perubahan.


Adapun, sebagai salah satu langkah untuk mengapresiasi pelanggan setianya, Pertamina Patra Niaga kembali menghadirkan Program MyPertamina Tebar Hadiah. Program yang sudah berjalan dalam beberapa tahun terarkhir ini, kembali diluncurkan serentak secara nasional mengingat antusiasme pelanggan terhadap program MyPertamina Tebar Hadiah sangat tinggi.

“Kami memang membuat MyPertamina Tebar Hadiah ini sebagai bentuk apresiasi tertinggi bagi pelanggan yang sudah setia menggunakan dan membeli produk-produk berkualitas kami,” kata Alfian Nasution, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga. 

Baca juga: Gerak Sempit Pertamina Caplok Blok Migas Iran Tertekan Sanksi AS

Untuk tahun ini, pengundian MyPertamina Tebar Hadiah akan dilakukan sebanyak empat kali di sepanjang periode Juni—September 2023. “Harapannya ini akan memperbesar kesempatan pelanggan setia kami dalam mendapatkan berbagai hadiah yang telah disiapkan,” ungkapnya.

Sejumlah hadiah yang disiapkan untuk para pemenang MyPertamina Tebar Hadiah 2023 antara lain 1 unit mobil Pajero Sport Dakkar, 1 unit mobil Xpander Ultimate, 1 unit motor Yamaha XMAX 250, 1 unit motor Honda CBR 250 RR, 1 unit motor Honda Forza, 2 unit motor Yamaha XSR 155, 8 paket Umrah bagi 1 orang, 28 emas seberat 10 gram, dan 400 E-Voucher MyPertamina sebesar Rp 250.000.

Terkait dengan syarat untuk mengikuti MyPertamina Tebar Hadiah, tentunya sudah harus men-download dan register di aplikasi MyPertamina. Jika sudah, masyarakat tinggal melakukan transaksi pembayaran nontunai atau dengan e-voucher di aplikasi MyPertamina untuk pembelian Pertamax Series, Dex Series, dan varian Bright Gas untuk mendapatkan poin dalam aplikasi. 

Baca juga: Menarik Kendali Konsumsi Pertalite, BBM Subsidi Andalan Rakyat

“Poin di aplikasi MyPertamina itulah yang kemudian dapat ditukar dengan kupon MyPertamina Tebar Hadiah. Setiap 10 poin di aplikasi MyPertamina, dapat ditukarkan dengan satu kupon undian MyPertamina Tebar Hadiah yang kemudian akan diundi sesuai periodenya.”

Penukaran poin ke kupon MyPertamina Tebar Hadiah juga dapat dilakukan sebanyak-banyaknya, tetapi setiap kupon hanya diundi di periode tertentu. 

Selain meluncurkan kembali Program MyPertamina Tebar Hadiah, kali ini Pertamina Patra Niaga turut melakukan pemaksimalan potensi bisnis non-fuel retail (NFR) di SPBU melalui Program Bright Store Rejuvenation. Adapun yang dilakukan adalah melakukan pembenahan dari segi tampilan atau fisik serta dari segi operasional agar mempermudah serta memaksimalkan layanan pada pelanggan Bright Store.

Baca juga: Dampak Kebijakan Izin Ekspor Pasir Laut, Mudarat atau Manfaat?

“Salah satu yang coba kami lakukan adalah menambahkan Bright Café ke dalam Bright Store, ini menyasar pelanggan yang mengharapkan makan dan minum yang siap saji. Ada juga terobosan yang coba dilakukan adalah Bright Trolley, dimana produk-produk pilihan Bright Store akan didekatkan di dekat pulau pompa, tidak perlu lagi parkir dan masuk ke toko, jadi lebih mudah,”  jelasnya.

Untuk memastikan kepuasan dan kenyamanan pelanggan, Pertamina Patra Niaga juga melakukan beberapa program, seperti Touch Up Fasilitas Umum yakni toilet dan Mushola, Program Smart Operator yakni meningkatkan kompetensi operator SPBU sehingga dapat melayani pelanggan secara lebih ramah dan informatif, dan menyiapkan jalur Fast Track Red Carpet khusus para pelanggan setia Pertamax Series dan Dex Series sehingga pengisian BBM dapat dilayani secara lebih cepat. (Widya Islamiati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.