Harga BBM Tidak Naik, Pembatasan Pertalite Mencuat

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut bahwa beleid pembatasan pembelian BBM bersubsidi, Pertalite bakal rampung dalam waktu dekat, seiring dengan rencana pemerintah untuk menahan harga BBM dan tarif listrik tidak naik sampai Juni 2024.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

8 Mar 2024 - 21.54
A-
A+
Harga BBM Tidak Naik, Pembatasan Pertalite Mencuat

Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta. Pemerintah menetapkan kuota BBM Pertalite untuk tahun anggaran 2024 sebesar 31,7 juta kiloliter, lebih sedikit dibandingkan dengan kuota 2023 sebesar 32,56 juta kiloliter./ JIBI-Dwi Prasetya.

Bisnis, JAKARTA — Wacana pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite kembali mengemuka setelah sempat tenggelam dengan berbagai strategi pengaturan, termasuk pengawasan penyediaan dan pendistribusian bensin dengan nilai oktan (RON) 90 tersebut.

Kendati wacana pengaturan pembelian Pertalite secara lebih terperinci berdasarkan klasifikasi konsumen pengguna seperti yang diterapkan pada Solar tersebut sudah digaungkan sejak pertengahan 2022 lalu, nyatanya sampai hari ini tak kunjung terealisasi.

Hal itu dikarenakan revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 yang diharapkan dapat dengan tegas menetapkan kelompok masyarakat yang berhak menggunakan Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite tak kunjung terbit.

Namun, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebut bahwa beleid pembatasan pembelian BBM bersubsidi, Pertalite bakal rampung dalam waktu dekat. Target penyelesaian revisi Perpres 191/2014 itu seiring dengan rencana pemerintah untuk menahan harga BBM dan tarif listrik tidak naik sampai Juni 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.