Harga CPO & Efek Berganda Usai Keran Ekspor Sawit Dibuka

Usai Presiden Joko Widodo melakukan pembukaan ekspor sawit dan minyak goreng hari ini, Senin(23/5/2022), harga komoditas tersebut diproyeksi bakal terjun ke level 5.000 ringgit. Sementara dari industri menilai pembukaan kembali keran ekspor tersebut bakal memberikan efek berganda.

Asteria Desi Kartikasari

23 Mei 2022 - 14.18
A-
A+
Harga CPO & Efek Berganda Usai Keran Ekspor Sawit Dibuka

Ilustrasi Refined, bleached, and deodorized (RBD) palm oil sebagai bahan baku minyak goreng/ The Edge Markets

Bisnis, JAKARTA—  Minyak sawit mentah atau crude palm oil/CPO kehilangan pilar support utama setelah produsen utama Indonesia melakukan pembukaan ekspor sawit dan minyak goreng hari ini, Senin (23/5/2022). Pencabutan kembali larangan ekspor ini membuka jalan bagi harga komoditas CPO merosot lebih jauh  karena pasokan meningkat dan permintaan melemah.

Beberapa analis memproyeksikan harga minyak sawit mentah diperkirakan jatuh ke level 5.000 ringgit Malaysia per ton pada Julia tau Agustus karena pasokan yang cukup di pasar,  setelah pembukaan ekspor sawit dan minyak goreng oleh Presiden Joko Widodo.

Kondisi tersebut diproyeksikan oleh manajer umum perdagangan minyak dan gandum di Savola Foods, Tajgir Rahman, menyusul keputusan Indonesia membuka kembali keran ekspor.“Banyak kehancuran permintaan telah terjadi dalam beberapa bulan terakhir karena kelapa sawit menjadi mahal,” ujarnya dilansir Bloomberg Senin (23/5/2022).

Pedagang veteran Dorab Mistry juga memperkirakan minyak sawit mungkin tenggelam ke 5.000 ringgit pada Juni dan menjadi 4.000 ringgit pada September setelah Indonesia melonggarkan atau melakukan pembukaan ekspor sawit dan minyak goreng, dan perang di Ukraina diselesaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Harga CPO & Efek Berganda Usai Keran Ekspor Sawit Dibuka

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.