Harga CPO Terkerak Bullish Harga Minyak Kedelai hingga Sentimen India & China

Komodistas CPO kembali terkerek berkat dua sentimen positif antara produksi CPO dan tren bullish harga minyak kedelai.

Jessica Gabriela Soehandoko

1 Jul 2024 - 20.47
A-
A+
Harga CPO Terkerak Bullish Harga Minyak Kedelai hingga Sentimen India & China

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Harga minyak sawit atau crude pala oil (CPO) menguat karena pasar minyak kedelai dan ekspektasi penurunan produksi pekan mendatang. Situasi itu juga membawa potensi dukungan harga di level sekitar 3.850 per ton ringgit.

Sementara itu harga CPO berjangka pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu atau Jumat (28/6/2024) kontrak September 2024 naik 26 poin ke 3.916 ringgit per ton di Bursa Derivatif Malaysia, mencatatkan kenaikan 0,41% dalam sepekan. Kontrak Juli 2024 juga naik 31 poin ke level 3.967 ringgit per ton, dengan kenaikan 1,17% dalam sepekan. 

Mengutip Bernama, pedagang minyak sawit David Ng menyebut kontrak berjangka CPO ditutup lebih tinggi pada pekan tersebut didorong oleh menguatnya pasar minyak kedelai dan ekspektasi penurunan produksi. Dia juga melihat potensi dukungan harga di sekitar 3.850 ringgit per ton dengan resistensi di level 4.000 ringgit per ton. 

Kepala Penelitian Komoditas Sunvin Group di Mumbai, Anilkumar Bagani, menambahkan bahwa peningkatan kinerja didukung oleh kuatnya minyak sayur berjangka China, naiknya harga minyak kedelai mentah Amerika Selatan (CDSBO), dan meningkatnya momentum di pasar minyak lobak Uni Eropa. “Dukungan tambahan datang dari harga energi yang bullish,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.