Free

Harga Gula Bakal Naik Tahun Ini, Tak Menyumbang Besar Inflasi

Pemerintah akan menyesuaikan harga pokok penjualan (HPP) gula petani dan harga acuan penjualan (HAP) gula di tingkat konsumen.

Jaffry Prabu Prakoso

9 Jun 2023 - 13.56
A-
A+
Harga Gula Bakal Naik Tahun Ini, Tak Menyumbang Besar Inflasi

Truk mengangkut tebu. /Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah akan melakukan penyesuaian harga pokok penjualan (HPP) gula petani dan harga acuan penjualan (HAP) gula di tingkat konsumen.

Deputi I Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa menyampaikan bahwa harga gula petani naik menjadi Rp12.500 per kg dari sebelumnya Rp11.500 per kg.

"Tebu petani kita naikkan, bukan semata-mata harga gula yang kita naikkan, tetapi harga tebu petani juga dari Rp11.500 menjadi Rp12.500 di harga petani," kata Ketut dalam Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) 2023 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (8/6/2023).


Salah satu pedagang gula dipasar tradisional sedang mengemasi gula pasir untuk dijual kembali / Arief Rahman


Adanya kenaikan harga gula di tingkat petani, tentu akan berpengaruh terhadap harga di tingkat konsumen. Dengan begitu, kata Ketut, pihaknya juga akan mengatur harga gula di tingkat konsumen.

Misalnya, menurut perhitungan pemerintah, harga gula di wilayah Jawa akan naik menjadi sekitar Rp14.500 hingga Rp15.500 per kg. Sedangkan di wilayah Indonesia Timur dan daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) naik menjadi Rp15.500 per kg.

Baca juga: RI-Malaysia Bakal Sepakati BTA & Bahas Investasi RS di Luar Jawa

Ketut yakin, kenaikan harga gula tidak menyumbang inflasi yang tinggi. Pasalnya, pemerintah telah memperhitungkan harga wajar, baik di tingkat petani, pedagang, dan konsumen.

Adapun, aturan terkait harga acuan tersebut tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kemungkinan akan di terbitkan tahun ini.

Baca juga: Mengenal Produsen Makanan Ringan Berbahan Singkong yang Mendunia

Berdasarkan Panel Harga Bapanas, Kamis (8/6/2023) harga rata-rata nasional sebesar Rp14.530 per kg atau naik 0,95 persen.

Harga gula tertinggi berada di wilayah Papua yakni Rp16.150 per kg dan terendah Rp13.430 per kg di Jawa Timur. (Ni Luh Anggela)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.