Harga Komoditas Melonjak, Belanja Modal Tak Terdongkrak

Di saat bisnis di sektor komoditas panen rejeki nomplok pada tahun lalu, pengusaha tidak serta merta meningkatkan belanja modal mereka.

Saeno

22 Feb 2022 - 22.56
A-
A+
Harga Komoditas Melonjak, Belanja Modal Tak Terdongkrak

Ilustrasi-Pekerja mengangkat tandan sawait/Bisnis

Bisnis, JAKARTA –  Dampak pandemic Covid-19 selain masih meninggalkan bekas luka dalam sektor perekonomian, juga memunculkan anomali di kalangan investor. Di saat bisnis di sektor komoditas panen rejeki nomplok pada tahun lalu, pengusaha tidak serta merta meningkatkan belanja modal mereka.

Kuat dugaan windfall alias rejeki nomplok dari lonjakan harga komoditas ditanggapi dengan sikap hati-hati kalangan investor. Mereka memilih memantau perkembangan ekonomi dengan saksama dan menahan dorongan untuk meningkatkan belanja modal, hal yang lumrah di kondisi normal.

Badan Kebijakan Fiskal atau BKF Kementerian Keuangan mencatat tidak terdapat peningkatan belanja modal atau capital expenditure dari korporasi berbasis komoditas sepanjang 2021. Padahal, pada akhir tahun terjadi lonjakan harga komoditas yang sangat tinggi. 

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro BKF Abdurohman menjelaskan pada 2021 terdapat momentum durian runtuh (windfall) di sektor komoditas seiring kenaikan harga secara global. Harga komoditas energi seperti batu bara, gas, dan minyak mentah, serta komoditas unggulan Indonesia lainnya seperti nikel, CPO, dan karet terus mengalami kenaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.