Harga Pangan di Titik Tertinggi, Risiko Kelaparan Menyebar

Harga bahan pangan bulan lalu mencapai titik tertinggi yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina. Dua negara itu merupakan termasuk lumbung pangan utama dunia, menyumbang sebagian besar ekspor dunia untuk beberapa komoditas.

M. Syahran W. Lubis

9 Apr 2022 - 11.52
A-
A+
Harga Pangan di Titik Tertinggi, Risiko Kelaparan Menyebar

Petani di Afrika bertani di lahan marginal. Negara-negara di Afrika termasuk yang terancam krisis pangan yang dipicu invasi Rusia ke Ukraina./FAO

Bisnis, JAKARTA – Harga pangan dunia mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada Maret 2022 setelah invasi Rusia ke sentra-sentra pertanian Ukraina, menambah kekhawatiran tentang risiko kelaparan di seluruh dunia, ungkap Organisasi Makanan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization/FAO).

Gangguan arus ekspor akibat invasi 24 Februari dan sanksi internasional terhadap Rusia memicu kekhawatiran akan krisis kelaparan global, terutama di Timur Tengah dan Afrika, di mana efek lanjutannya sudah mulai terasa.

Rusia dan Ukraina, dengan wilayah penghasil biji-bijiannya yang luas, termasuk lumbung pangan utama, menyumbang sebagian besar ekspor dunia untuk beberapa komoditas utama, termasuk gandum, minyak sayur dan jagung, dan harga mereka mencapai level tertinggi bulan lalu.

Pelabuhan Ukraina diblokir oleh Rusia dan ada kekhawatiran tentang hasil panen tahun ini, karena perang berkecamuk selama musim tanam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis
company-logo

Lanjutkan Membaca

Harga Pangan di Titik Tertinggi, Risiko Kelaparan Menyebar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.