Harga Pangan Global Turun, Inflasi Impor Pangan Masih Mengancam

Mulai meningkatnya pasokan dan menurunnya permintaan sejumlah bahan pangan menghasilkan indeks harga pangan FAO yang melanjutkan tren penurunan. Meski begitu, harga yang berlaku masih tergolong tinggi. Inflasi akibat impor pangan harus diwaspadai.

Saeno
Sep 5, 2022 - 9:33 AM
A-
A+
Harga Pangan Global Turun, Inflasi Impor Pangan Masih  Mengancam

Ladang gandum. Meskipun pasokan dari Ukraina mulai mengalir, jumlahnya masih belum sebanding dengan kebutuhan dunia,./apn-gcr.org-Kai Pilger on Unsplash

Bisnis, JAKARTA – Untuk kelima kalinya,harga pangan global mengalami penurunan sepanjang 2022. Penurunan indeks pangan pada Agustus, menambah panjang tren penurunan harga pada empat bulan sebelumnya. 

Mulai meningkatnya pasokan dan menurunnya permintaan sejumlah bahan pangan menghasilkan indeks harga pangan FAO yang melanjutkan tren penurunan. Meski begitu, harga yang berlaku masih tergolong tinggi dan inflasi akibat impor harga pangan masih harus diwaspadai.

Penurunan indeks pangan global disumbang penurunan harga daging, produk susu, sereal, mi nyak, dan gula.

FAO dalam rilisnya tanggal 2 September 2022 antara lain menyebutkan indeks harga minyak nabati pada Agustus rata-rata sebesar 163,3 poin. Posisi tersebut turun 5,5 poin (3,3 persen) secara bulanan dan mendorong nilai indeks sedikit di bawah level tahun sebelumnya. 

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Harga Pangan Global Turun, Inflasi Impor Pangan Masih Mengancam

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ