Harga Properti Boleh Jadi Overvalue, Tapi Tidak Bubble

Harga residensial di Ibu Kota dan sekitarnya ada yang dianggap sangat tinggi. Namun, itu bukan berarti bubble atau menggelembung. Istilah yang lebih tepat adalah overvalue atau terlalu tinggi. Dalam kondisi pandemi, boleh jadi harga yang terlalu tinggi itu terkoreksi sedikit, bukan anjlok.

M. Syahran W. Lubis

21 Apr 2022 - 21.41
A-
A+
Harga Properti Boleh Jadi Overvalue, Tapi Tidak Bubble

Ilustrasi rumah mewah. — Vancouver-realestates.com

Bisnis, JAKARTA – Harga properti di Jakarta dan sekitarnya ternyata terhitung mahal bahkan apabila dibandingkan dengan beberapa properti yang berlokasi di resor mewah di Eropa. Lantas, apakah memang harga properti di Ibu Kota dan sekitarnya telah begitu mahal?

Ataulah level harga “selangit” itu memang riil alias ada pembelinya? Atau apakah itu merupakan tingkat harga yang merupakan hasil “gorengan” sehingga layak disebut sebagai bubble atau menggelembung?

Menurut pengamat bisnis properti Ali Tranghanda, harga properti di Indonesia sejauh ini tidak “digoreng”, karena kenyataannya memang ada pembelinya.

Meski demikian, Chief Executive Officer Indonesia Property Watch (IPW) tersebut mengakui adanya potensi bahwa harga properti di Jakarta dan sekitarnya sudah overvalue.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis
company-logo

Lanjutkan Membaca

Harga Properti Boleh Jadi Overvalue, Tapi Tidak Bubble

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.