Hari-Hari Berat Rusia Menghadapi Efek Hujan Sanksi dari Barat

Inflasi yang melonjak coba dihadapi Rusia dengan tetap mempertahankan suku bunga bank sentral di posisi tinggi. Sementara itu, pemerintah Rusia memompakan keyakinan bahwa negeri itu tidak akan bangkrut menghadapi sanksi barat.

Saeno

20 Mar 2022 - 17.42
A-
A+
Hari-Hari Berat Rusia Menghadapi Efek Hujan Sanksi dari Barat

Bank Sentral Rusia/TASS-Gavriil Grigorov

Bisnis, JAKARTA –  Hari-hari berat sedang dijalani Rusia saat dampak hujan sanksi dari Barat mulai berdampak ke sendi-sendi perekonomian negeri itu. Inflasi yang melonjak coba dihadapi Rusia dengan tetap mempertahankan suku bunga bank sentral di posisi tinggi. Sementara itu, pemerintah Rusia memompakan keyakinan bahwa negeri itu tidak akan bangkrut menghadapi sanksi barat.

Gubernur Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina mengatakan pada hari Jumat bahwa ekonomi negara itu akan menurun di kuartal mendatang. Inflasi juga akan melonjak lebih tinggi.

Sebelumnya, Dewan Direksi Bank Sentral Rusia memutuskan untuk menahan suku bunga tetap di angka 20 persen. Pihak bank sentral berkeyakinan penggandaan suku bunga pada 28 Februari, dari 9,5 persen, menjadi 20 persen serta kebijakan mengontrol arus modal telah membantu menyelamatan stabilitas keuangan di Rusia. Kebijakan itu juga diklaim menghentikan lonjakan harga yang tidak terkendali. 

Tetapi, seperti dilaporkan New York Post, data inflasi terbaru menunjukkan bahwa pada 11 Maret harga di Rusia telah meningkat 12,5 persen dari tahun sebelumnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.