Harry Suryo dan Agus Budi Gelar Dunia Kecil di Semarang

Dua seniman, Pelukis Harry Suryo dan fotografer Agus Budi Santoso, segera menggelar pameran "Dunia Kecil" di Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Warung Kopi Alam.

M. Syahran W. Lubis

14 Jan 2022 - 05.51
A-
A+
Harry Suryo dan Agus Budi Gelar Dunia Kecil di Semarang

Salah satu karya yang akan ditampilkan di pameran Dunia Kecil./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Pelukis Harry Suryo dan fotografer Agus Budi Santoso bakal tandem menggelar pameran “Dunia Kecil” di Warung Kopi Alam di Semarang, Jawa Tengah.

Berangkat dari adagium “Sejatinya dunia ini kecil dan saling terhubung”, pameran ini akan menampilkan belasan karya lukis dan foto karya Harry Suryo dan Agus Budi Santoso.

Pameran yang merupakan kolaborasi antara lukisan dan fotografi ini direncanakan dibuka pada Sabtu (15/01/2022) dan berlangsung hingga 30 Januari 2022 ini mencoba menganalogikan “Dunia Kecil”, dalam sudut pandang yang subjektif terhadap objek.

“Betapa sebuah citra seni di alam tak terbatas dan tak berujung mejadikan dunia semakin kecil ketika imajinasi dan mimpi kita semakin besar,” ungkap pernyataan bersama kedua seniman itu yang diterima Bisnis pada Jumat (14/01/2022).

Manajer Warung Kopi Alam Asrida Ulinuha mengatakan pihaknya memang selalu berupaya memberi ruang kreatif kepada seniman untuk beraktivitas dengan menggelar karya-karya mereka. Dia berharap Warung Kopi Alam dapat menjadi salah satu creative hub atau kantong budaya di Semarang.

Untuk itu, lanjut Ulin, panggilan akrabnya, Warung Kopi Alam sudah beberapa kali menggelar pameran fotografi, pameran lukisan, seni lukis henna, dan pentas musik.

“Kali ini kami berkolaborasi dengan pelukis Harry Suryo dan fotografer Agus Budi Santoso. Ke depan kami harapkan ada seniman lain yang terpantik untuk manggung atau berpameran,” ujar Ulin yang juga pegiat budaya di Semarang.

Menurut Harry Suryo, pameran kali ini juga tercetus dari kesadaran bahwa betapa dunia ini kecil dan saling terhubung. “Terlalu subjektif memang kalau kita memandang Dunia Kecil dari kacamata seni,” kata Harry yang juga pernah menekuni dunia fotografi.

Dia menambahkan hal-hal kecil yang ada di lingkungan kita terkadang dianggap remeh temeh dan dipandang sebelah mata oleh awam. “Kami sebagai seniman mencoba mengeksplorasi dengan sentuhan kreativitas dan imajinasi objek tadi menjadi sesuatu yang indah, spektakuler, dan bermakna.”

Fotografer kawakan Agus Budi Santoso menambahkan seorang seniman memiliki berbagai cara dalam menuangkan ide dan gagasan artistik melalui media seni pilihannya bisa berupa fotografi, lukisan, atau media lainnya.

“Dengan memandang Dunia Kecil, kami berharap kita menemukan hal-hal besar yang kadang masih sembunyi dan malu-malu. Kami mencoba menawarkan mimpi-mimpi itu menjadi bentuk visualisasi yang tertuang dalam karya-karya, ketika berdialog dengan mimpi-mimpi itu.” kata Agus yang diamini Harry.

Dalam pameran ini juga digelar workshop dan aktivitas OTS (on the spot) juga di Warung Kopi Alam yang akan banyak berbicara tentang ragam teknik dalam 'macro photography' dan rahasia-rahasia yang jarang diketahui orang dalam seni cat air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.