Free with Login

'Harta Karun' Blok East Natuna Kembali ke Tangan Pertamina

Blok East Natuna yang dikelola Pertamina tersebut merupakan pecahan dari Blok East Natuna terdahulu yang sudah diambil alih pemerintah dari BUMN migas tersebut.

Ibeth Nurbaiti

30 Mei 2023 - 19.53
A-
A+
'Harta Karun' Blok East Natuna Kembali ke Tangan Pertamina

Fasilitas produksi dan penyimpanan terapung (Floating Production Storage and Offloading/FPSO) Belanak di South Natuna Sea Block B yang dikelola Medco E&P Natuna (MEPN). Istimewa/SKK Migas.

Bisnis, JAKARTA — Terombang-ambing tanpa kejelasan hampir lima dekade sejak ditemukan pada 1973, pengembangan Blok Natuna D-Alpha atau yang sekarang disebut East Natuna akhirnya kembali ke tangan PT Pertamina (Persero).

Kendati sejumlah perusahaan minyak dan gas (migas) internasional disebut-sebut sempat mengincar pengembangan ladang gas alam di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau tersebut, nyatanya pemerintah menunjuk anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PT Pertamina East Natuna untuk mengelola Blok East Natuna.

Lewat komitmen investasi awal sebesar US$13 juta atau setara dengan Rp194,5 miliar (asumsi kurs Rp14.968 per dolar AS), Pertamina East Natuna bakal melakukan studi G&G, akuisisi dan pengolahan data seismik 3D dengan luasan 430 kilometer persegi dan 1 pemboran eksplorasi selama 3 tahun pertama. 

Baca juga: Gerak Sempit Pertamina Caplok Blok Migas Iran Tertekan Sanksi AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.