Hasil Survei Penjualan Eceran, Sektor Riil Waspada

Bank Indonesia (BI) dalam Survei Penjualan Eceran (SPE) yang dirilis kemarin, Rabu (17/4), mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) pada kuartal I/2024 diprediksi mencapai 3,7. Tertinggi sejak kuartal III/2022.

Tegar Arief Fadly

18 Apr 2024 - 10.53
A-
A+
Hasil Survei Penjualan Eceran, Sektor Riil Waspada

Ilustrasi aktivitas ritel eceran./BISNIS-HIL

Bisnis, JAKARTA - Kondisi sektor riil pada kuartal pertama tahun ini terbilang cukup ciamik, lantaran mampu melaju ke angka tertinggi setidaknya sejak 2022 silam. Akan tetapi, tekanan diestimasi muncul pada akhir paruh pertama tahun ini yang dipicu oleh tekanan daya beli sehingga memangkas permintaan.

Bank Indonesia (BI) dalam Survei Penjualan Eceran (SPE) yang dirilis kemarin, Rabu (17/4), mencatat Indeks Penjualan Riil (IPR) pada kuartal I/2024 diprediksi mencapai 3,7.

Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak kuartal III/2022 yang mengindikasikan adanya geliat pada aktivitas ekonomi sektor riil, baik dari sisi permintaan maupun penawaran. (Lihat infografik).

Data ini sekaligus merefleksikan adanya pemulihan setelah konsumsi dalam negeri sempat diterpa inflasi yang menekan daya beli dalam beberapa warsa terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.