Hati-hati, Lampu Kuning Sektor Jasa Keuangan Mulai Menyala

Kinerja industri jasa keuangan terpantau cukup solid sepanjang paruh pertama tahun ini. Namun, memasuki paruh kedua, tantangan diperkirakan bakal makin berat. Oleh karena itu, pelaku jasa keuangan perlu lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnisnya.

Emanuel Berkah Caesario

7 Jul 2022 - 18.20
A-
A+
Hati-hati, Lampu Kuning Sektor Jasa Keuangan Mulai Menyala

Ilustrasi kredit bermasalah. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Tingginya ketidakpastian yang menghantui perekonomian global dan domestik saat ini menjadikan sektor jasa keuangan perlu meningkatkan kewaspadaan sepanjang paruh kedua tahun ini, kendati sepanjang paruh pertama tahun ini terpantau cukup stabil dan solid.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kinerja industri jasa keuangan sepanjang paruh pertama tahun ini cukup menggembirakan. Sejumlah indikator kinerja yang dicapai oleh pelaku sektor jasa keuangan masih tergolong sehat dan berada di jalur yang sesuai dengan target OJK.

Kredit perbankan per Mei 2022 sudah tumbuh 9,03 persen secara tahunan (year-on-year/ YoY) dan 4,23 persen sepanjang tahun 2022 (year-to-date/ YtD). Sebelumnya, pada April 2022, kredit industri perbankan tercatat tumbuh 9,10 persen YoY dan 3,69 persen YtD.

Ini menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, kinerja industri perbankan cenderung terus membaik. Capaian kinerja ini bahkan sudah lebih tinggi dibanding kondisi sebelum pandemi. Pada 2019 lalu, kredit industri perbankan tercatat tumbuh 6,08 persen YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Hati-hati, Lampu Kuning Sektor Jasa Keuangan Mulai Menyala

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.