Hati-Hati Pasang Strategi Investasi Reksa Dana di Juni 2022

Ketidakpastian di pasar investasi dalam negeri masih cukup tinggi pada bulan Juni 2022 ini, termasuk di pasar reksa dana. Investor perlu lebih cermat memantau sinyal-sinyal dari perkembangan kondisi ekonomi global guna menentukan momentum yang tepat untuk berinvestasi.

Emanuel Berkah Caesario

2 Jun 2022 - 19.43
A-
A+
Hati-Hati Pasang Strategi Investasi Reksa Dana di Juni 2022

ilustrasi investasi

Bisnis, JAKARTA — Memasuki bulan Juni 2022, pasar reksa dana Indonesia masih berada dalam bayang-bayang perkembangan sentimen global, terutama kondisi ekonomi Amerika Serikat dan kebijakan bank sentralnya. Investor pun masih harus berhati-hati dalam menentukan pilihan produk.

Potensi pemulihan industri reksa dana pada Juni 2022 sejatinya cukup terbuka, terutama mengingat tekanannya selama ini lebih banyak disebabkan oleh faktor eksternal. Kondisi ini tidak terlepas dari faktor naiknya suku bunga acuan bank sentral AS, Federal Reserve atau the Fed, sebesar 50 bps pada awal Mei 2022. 

Ini adalah tingkat kenaikan tertinggi sejak tahun 2000, sehingga menyebabkan gejolak yang cukup signifikan di pasar keuangan global, termasuk di pasar surat utang dan pasar saham Indonesia. Kenaikan suku bunga the Fed ini erat hubungannya dengan rekor inflasi yang dicapai perseroan pada awal tahun ini.

Salah satu efeknya adalah pada naiknya tingkat imbal hasil atau yield surat berharga negara (SBN) Indonesia, sejalan dengan naiknya yield US Treasury, yang adalah surat utang pemerintah AS. Sebagaimana diketahui, naiknya yield surat utang sama dengan penurunan harga instrumen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Hati-Hati Pasang Strategi Investasi Reksa Dana di Juni 2022

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.