Hati-hati, Rasio Utang RI Kembali Melesat

Sinyal waspada pada kesehatan fiskal negara mulai menyala seiring dengan rasio utang pemerintah yang kembali menanjak dalam 2 bulan berturut-turut sejak Juni.

Nindya Aldila

26 Okt 2022 - 22.07
A-
A+
Hati-hati, Rasio Utang RI Kembali Melesat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan paparan tentang arah kebijakan Pemerintah pada 2023 dan perkembangan ekonomi terkini saat wawancara dengan Redaksi Bisnis Indonesia di Jakarta, Selasa (25/10).

Bisnis, JAKARTA - Sinyal waspada pada kesehatan fiskal negara mulai menyala seiring dengan rasio utang pemerintah yang kembali menanjak dalam 2 bulan berturut-turut sejak Juni. 

Rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) atau debt to GDP ratio per September 2022 menjadi 39,3 persen. Angka tersebut naik dari posisi Agustus 2022 yakni 38,3 persen dan 37,91 persen pada Juli 2022. 

Kenaikan rasio terjadi seiring dengan utang negara yang meningkat 2,54 persen menjadi Rp7.420,47 triliun pada September 2022 dibandingkan dengan sebulan sebelumnya sebesar Rp7.236,6 triliun. 

"Rasio utang terhadap PDB dalam batas aman, wajar, serta terkendali diiringi dengan diversifikasi portofolio yang optimal," tulis Kementerian Keuangan dalam buku APBN Kita, dikutip pada Rabu (26/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Hati-hati, Rasio Utang RI Kembali Melesat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.