Hebat! Orang Indonesia Mampu Main Handphone 5,5 Jam Sehari

Berdasarkan riset, Indonesia tercatat sebagai negara yang warganya paling banyak durasi bermain ponsel. Data ini merupakan laporan 'waktu harian yang dihabiskan di aplikasi' untuk Q3 2021.

Mia Chitra Dinisari

29 Okt 2021 - 16.15
A-
A+
Hebat! Orang Indonesia Mampu Main Handphone 5,5 Jam Sehari

Ilustrasi - Sejumlah remaja menggunakan ponsel/Antara-Septianda Perdana

Bisnis, JAKARTA - Sebuah riset soal ketahanan menggunakan handphone atau ponsel alias telepon seluler menempatkan orang Indonesia di posisi teratas.

Orang Indonesia tercatat memiliki ketahanan tertinggi di dunia dalam menggunakan ponsel dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal itu diketahui saat aplikasi App Annie meluncurkan riset dan laporan  terkait negara mana yang warganya paling banyak menghabiskan waktu bermain handphone.

Berdasarkan riset tersebut, Indonesia tercatat sebagai negara yang warganya paling banyak durasi bermain ponsel. Data ini merupakan laporan 'waktu harian yang dihabiskan di aplikasi' untuk Q3 2021.

Laporan itu mencantumkan Indonesia sebagai wilayah yang paling berorientasi seluler di dunia. Pengguna ponsel di Indonesia menghabiskan 5,5 jam sehari menggunakan aplikasi seluler. Demikian dilansir dari website resmi Appannie.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa AS telah mencapai rekor tertinggi baru 4,2 jam, naik dari 3,9 di Q2 2021. Inggris mencatatkan durasi 4,0 jam per hari, naik dari 3,8 di Q2 2021 untuk rata-rata pengguna ponsel Android.

Rata-rata konsumen di Korea Selatan mendekati angka di Indonesia. Mereka menghabiskan 5 jam per hari di aplikasi seluler, naik dari 4,8 pada Q2 2021.

Pengguna di Jepang meningkatkan waktu harian rata-rata yang dihabiskan sebesar 10% setiap kuartal dari 4,4 menjadi 4,8 jam pada Q3 2021.

Di Australia waktu harian penggunaan ponsel tumbuh 15% dari kuartal ke kuartal menjadi 4,1 jam per hari. Itu terjadi karena lebih dari setengah polulasi (25 juta penduduk) Australia dikunci pada bulan Juli saat gelombang baru Covid-19 melanda negara itu.

Angka tersebut mengungkapkan dominasi mindshare smartphone di kalangan konsumen dunia – terutama di negara berkembang.

Brasil, India dan Meksiko merupakan tiga dari lima negara teratas dalam daftar bersama Indonesia dan Korea Selatan.

Data juga menunjukkan bahwa konsumen di 12 dari daftar 16 negara kuat, sekarang menghabiskan lebih dari 4 jam sehari di aplikasi. Angka tersebut naik dari 8 pada kuartal sebelumnya.

Data penggunaan smartphone kontras dengan apa yang terjadi dengan dunia analog. Setelah 60 tahun mendominasi, TV telah dikalahkan. Hari-hari kejayaan keluarga yang berkumpul di sekitar TV tidak ada lagi.

Statistik menunjukkan waktu harian yang dihabiskan untuk menonton TV menurun dari 3 jam sehari menjadi 2,5 jam dalam satu dekade dari 2011 hingga 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.