Heboh Finalis MasterChef Malaysia Bunuh ART WNI, Ini Faktanya

Dikabarkan bahwa eks-finalis MasterChef Malaysia dan suaminya membunuh asisten rumah tangga berkewarganegaraan Indonesia. Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri RI menuturkan fakta soal kewarganegaraan korban.

Saeno

5 Jan 2022 - 12.30
A-
A+
Heboh Finalis MasterChef Malaysia Bunuh ART WNI, Ini Faktanya

Eks-finalis MasterChef Malaysia terancam hukuman mati atas kasus pembunuhan terhadap pembantu.Sempat beredar kabar korban adalah seorang WNI/Antara-Ilustrasi

Bisnis, JAKARTA - Kasus pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga viral di media sosial. Dikabarkan bahwa eks-finalis MasterChef Malaysia dan suaminya membunuh asisten rumah tangga berkewarganegaraan Indonesia. Menanggapi hak itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Selasa (4/1/2022) memberikan klarifikasi.

Pihak Kemlu RI menegaskan bahwa asisten rumah tangga yang diduga dibunuh oleh eks-finalis MasterChef Malaysia dan suaminya bukan Warga Negara Indonesia.

Sebelumnya dikabarkan bahwa finalis MasterChef Malaysia 2021 Etiqah Siti Noorashikeen Mohd Sulong, 33, dan suaminya Ambree Yunos @ Unos, 40 tahun, didakwa membunuh Nur Afiah Daeng Damin berusia, 28 tahun, yang dirumorkan sebagai WNI.

"KJRI Kota Kinabalu mendapat konfirmasi dari kepolisian dan mahkamah di Kota Kinabalu bahwa yang bersangkutan adalah Warga Negara Malaysia keturunan Bugis," kata Judha Nugraha, Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, saat dikonfirmasi Tempo, Selasa (4/1/2022).

"Karena yang bersangkutan bukan WNI, maka kewenangan penanganan sepenuhnya berada di pihak otoritas Malaysia," tambah Judha.

Pasangan itu dituduh membunuh Nur Afiyah Daeng Damin, antara 10 dan 13 Desember 2021 di sebuah apartemen di Amber Tower di Lido Avenue, Penampang, The Star melaporkan.

Keduanya dikenakan dakwaan pembunuhan di bawah Pasal 302 yang tidak dapat dijaminkan dan membawa hukuman mati jika terbukti bersalah.

Dikutip dari Malay Mail, finalis MasterChef Malaysia dan suaminya ditangkap pada 14 Desember, sehari setelah mereka mengajukan laporan polisi yang mengklaim bahwa mereka menemukan asisten rumah tangga mereka di lantai apartemen mereka setelah kembali dari liburan di Kundasang.

Finalis MasterChef Malaysia 2012 Etiqah Siti Noorashikeen Mohd Sulong, 33, dan suaminya Mohammad Ambree Yunos @ Unos, 40, telah didakwa bersama di Pengadilan Magistrat di sini dengan pembunuhan pembantu mereka.

Mohammad Ambree, seorang kontraktor, dan Etiqah, seorang insinyur, didakwa berdasarkan Bagian 302 KUHP atas pembunuhan di hadapan Hakim Jessica Ombou Kakayun.

Pasangan suami istri tersebut dituduh membunuh Nur Afiah Daeng Damin, 28 tahun, di sebuah rumah di Amber Tower, Lido Avenue, Jalan Lintas, Penampang antara 10 dan 13 Desember.

Tidak ada pembelaan yang dicatat dari kedua terdakwa, yang diwakili oleh penasihat hukum Ram Singh dan Datuk Seri Rakhbir Singh.

Situs web malaymail.com seperti dipantau bisnisindonesia.id, Rabu (5/1/2022) mengutip keterangan borneo online yang menyebutkan sidang lanjutan akan berlangsung 10 Februari 2022. Pengadilan telah memerintahkan kedua terdakwa untuk ditahan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.