Hela Napas Terakhir Jiwasraya

OJK berharap proses pengalihan aset dan porotofolio Jiwasraya berakhir lebih cepat. Kelak perusahaan pelat merah itu menghentikan kegiatannya berbisnis proteksi.

Duwi Setiya Ariyanti

7 Feb 2022 - 17.30
A-
A+
Hela Napas Terakhir Jiwasraya

OJK berharap proses pengalihan aset dan porotofolio Jiwasraya berakhir lebih cepat. (Bisnis/Abdullah Azzam)

Gagal bayar klaim dan manfaat pada 2020 merupakan puncak kegagalan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) mengelola risiko. Perusahaan yang seharusnya tangkas mengatur risiko akhirnya takluk dan harus meminta keringanan pelunasan kewajiban kepada nasabahnya. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut napas perusahaan sebagai penyedia asuransi jiwa hanya ada untuk setahun ke depan. Seperti diketahui, pada 2020, perusahaan pelat merah itu mencatatkan liabilitas polis Rp54,4 triliun dan terus naik tetapi hanya memiliki aset senilai Rp15,7 triliun dengan mayoritasnya tak bisa dicairkan. 

Rasio kecukupan modal berbasis risiko pun turun jauh yakni -1.000,3 persen sedangkan batas aman yang ditetap OJK yakni 120 persen. Dengan kemampuan minim untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya, Jiwasraya kini mengandalkan PT IFG Life sebagai sekoci bagi polis-polis yang direstrukturisasi. 

Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Riswinandi pada rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (2/2/2022), dalam materi paparannya menyebut bahwa atas kondisi keuangan yang rapuh, Jiwasraya menjalani hukuman administrasi. Otoritas memberikan sanksi peringatan ketiga (SP3) karena risk-based capital (RBC) perusahaan belum sesuai dengan ambang yang ditetapkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Hela Napas Terakhir Jiwasraya

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.