Hitung Cermat Untung-Rugi Jorjoran Investasi Kabel Laut Asing!

Maraknya kehadiran para penyedia kabel laut internasional yang juga berstatus penyelenggara konten atau platform over the top (OTT) akan sangat berpengaruh terhadap iklim bisnis operator telekomunikasi konvensional di Indonesia.

Wike D. Herlinda

4 Mar 2022 - 08.30
A-
A+
Hitung Cermat Untung-Rugi Jorjoran Investasi Kabel Laut Asing!

Ilustrasi kabel laut/istimewa

Bisnis, JAKARTA — Sebagai negara yang diapit langsung oleh dua benua dan dua samudra, Indonesia merupakan wilayah persimpangan lalu lintas dunia, baik darat maupun laut. Tidak mengherankan bila investor global berlomba-lomba membangun jalur kabel laut di negara ini.

Dalam 1—2 tahun ke belakang saja, sudah ada beberapa korporasi global yang jorjoran berinvestasi membangun sistem komunikasi kabel laut (SKKL) jalur internasional jarak jauh. 

(BACA JUGA: Cermati Risiko RI Libatkan Airbus dalam Proyek Satelit Satria-2!)

Akhir 2021, misalnya, Hawaiki Cable menggandeng PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) untuk membentangkan SKKL Hawaiki Nui serentang 22.000 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.