Hitung-hitungan Langkah GGRM Menaikkan Harga Jual Rokok

Emiten rokok PT Gudang Garam Tbk. (GGRM) menyampaikan akan meningkatkan harga jual rokok secara bertahap untuk memperbaiki profitabilitas. Peningkatan harga sudah dilakukan dua kali pada kuartal III/2022 ini dan kemungkinan masih akan kembali dilakukan dengan penuh perhitungan.

Emanuel Berkah Caesario

16 Sep 2022 - 19.19
A-
A+
Hitung-hitungan Langkah GGRM Menaikkan Harga Jual Rokok

Warga melintas di depan kantor pusat pabrik rokok PT Gudang Garam Tbk di Kediri, Jawa Timur, Selasa (30/8)./Antara-Prasetia Fauzani

Bisnis, JAKARTA — Emiten rokok PT Gudang Garam Tbk. tak dapat lagi terus-terusan mempertahankan harga jual rokok di saat beban cukai makin tinggi. Perseroan pun mulai mempertimbangkan untuk menaikkan harga jual rokoknya untuk memperbaiki profitablitas, kendati ekonomi dibayangi kenaikan inflasi.

Sepanjang semester pertama tahun ini, emiten dengan kode saham GGRM ini telah membayarkan pita cukai, pajak pertambahan nilai (PPN), dan pajak rokok senilai total Rp50,7 triliun. Di sisi lain, perseroan tidak dapat begitu saja menaikkan harga jual, mengingat daya beli masyarakat yang masih tertekan akibat dampak pandemi.

Alhasil, profitabilitas perseroan menjadi korbannya. Pada paruh pertama tahun ini, GGRM hanya mencetak laba bersih senilai Rp956,14 miliar, anjlok 53,97 persen secara tahunan atau year-on-year (YoY) dari Rp2,35 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Laba bersih GGRM tersebut berbanding terbalik dengan pendapatan yang masih terkerek naik meski tipis, yakni 1,82 persen YoY menjadi Rp61,67 triliun. Artinya, beban yang berat menjadi penyebab utama tekanan laba, bukannya penurunan penjualan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Hitung-hitungan Langkah GGRM Menaikkan Harga Jual Rokok

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.