Hitung-hitungan Peluang Window Dressing di Akhir 2023

Peluang terjadinya window dressing pada akhir tahun ini cukup terbuka, apalagi adanya sentimen Pemilu 2024 dapat mendorong penguatan pasar. Sejumlah sekuritas pun merekomendasikan beberapa saham pilihan.

Tim Redaksi

20 Nov 2023 - 19.06
A-
A+
Hitung-hitungan Peluang Window Dressing di Akhir 2023

Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (30/8/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Sebentar lagi pasar modal Indonesia bakal memasuki bulan terakhir tahun 2023. Seiring dengan itu, sejumlah fenomena pasar di penghujung tahun pun berpeluang terjadi, salah satunya window dressing. Namun, potensi minimnya dampak fenomena ini pun masih terbuka.

Window dressing adalah praktik yang dilakukan oleh perusahaan atau manajer investasi untuk meningkatkan performa laporan keuangannya mereka sebelum akhir periode pelaporan.

Praktik ini melibatkan penyesuaian portofolio investasi atau catatan keuangan agar terlihat lebih baik dari kondisi sebenarnya. Misalnya, perusahaan dapat menjual aset yang kurang menguntungkan dan meningkatkan investasi pada aset yang performanya baik menjelang akhir periode pelaporan.

Pada pasar saham, window dressing dapat menciptakan distorsi dalam penilaian kinerja saham atau portofolio investasi. Ketika perusahaan atau manajer investasi melakukan penyesuaian pada portofolio mereka, ini dapat menciptakan kesan bahwa mereka memiliki investasi yang lebih menguntungkan daripada kenyataannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Hitung-hitungan Peluang Window Dressing di Akhir 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.