Hitung-Hitungan Rencana Kopi Kenangan IPO di Lantai Bursa

Kopi Kenangan menjadi salah satu startup yang mempertimbangkan untuk melakukan penawaran umum perdana saham atau IPO, meskipun realisasi tergantung kondisi pasar. Kapan?

Asteria Desi Kartikasari

14 Jan 2023 - 19.48
A-
A+
Hitung-Hitungan Rencana Kopi Kenangan IPO di Lantai Bursa

Kopi Kenangan mengoptimalkan penjualan melalui online dan media sosial untuk meningkatkan penjualan./istimewa

Bisnis, JAKARTA— Sejumlah perusahaan startup termasuk Kopi Kenangan tengah mempertimbangkan untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering atau IPO. Meskipun dalam realisasinya tak ingin terburu-buru, mengingat kondisi pasar saat ini terbilang belum tepat membawa startup ke lantai bursa. 

Situasi tersebut tercermin dari beberapa startup jumbo yang lebih dulu melantai seperti PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), dan PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) yang harga sahamnya anjlok menjauhi harga IPO. Kondisi tersebut diperparah dengan aksi efisiensi beberapa dari perusahaan digital dengan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan secara besar-besaran. Hal itu semakin menjadi pemberat untuk mengangkat harga saham kembali meroket.

Sebab, sebelum fenomena ‘winter is coming’ di dunia startup secara global, emiten teknologi sempat merajai pasar dengan kenaikan harga saham yang cukup fantastis, hingga ratusan persen. Tak ayal, kondisi pasar yang terkoreksi sejak 2022 itu membuat perusahaan modal ventura menunda rencananya untuk membawa portofolionya melantai di pasar modal tahun ini.

Meski begitu tidak serta merta seluruh perusahaan startup atau perusahaan sektor teknologi memiliki kinerja buruk. Masih ada celah potensial dari bisnis digital apalagi dengan adanya pergeseran kebiasaan mayarakat yang serba membutuhkan teknologi.  Rencana bisnis yang matang dari pada calon emiten ke depan tetap menjadi pertimbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.