Hobi Makan Es Batu Tak Sehat, Begini Cara Menghentikannya

Memiliki kebiasaan makan es batu memang nikmat. Namun, hal itu bukan kebiasaan elok, sehingga sebaiknya dihentikan.

Redaksi

20 Okt 2021 - 17.30
A-
A+
Hobi Makan Es Batu Tak Sehat, Begini Cara Menghentikannya

Iluistrasi es batu./PE Hub

Bisnis, JAKARTA – Mengunyah es batu memang menyenangkan terutama bagi seseorang yang merasa kering pada mulutnya. Ini juga membantu menghilangkan stres atau membantu relaksasi.

Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengunyah es batu untuk memuaskan hasrat lapar karena dapat meniru sensasi makan tanpa menelan kalori. Bagi yang lain, mengunyah es batu mungkin hanya kebiasaan.

Apapun penyebabnya, Matthew Cooke, Associate Professor of Pediatric Dentistry & Anesthesiology, University of Pittsburgh Health Sciences mengatakan, kebiasaan ini sebaiknya dihentikan.

“Mengunyah es berdampak buruk bagi kesehatan mulut Anda, dan jika Anda kurang beruntung, pada akhirnya Anda atau orang tua Anda mungkin harus pergi ke dokter gigi atau ortodontis dengan biaya yang mahal,” kata Matthew.

Mengunyah es dapat menyebabkan retakan pada email yang dapat menyebabkan peningkatan kepekaan terhadap makanan dan minuman panas dan dingin.

“Jika Anda sudah memiliki tambalan atau veneer, atau jika Anda memakai kawat gigi, menggunakan retainer atau memiliki expander, mengunyah es batu membuat Anda sangat rentan terhadap kerusakan gigi,” ungkapnya.

Kalau Anda ingin menghentikan kebiasaan tak elok itu, sebagaimana dilansir Science Alert, Matthew membagikan cara untuk merealisasikannya.

1. Melelehkan es batu di mulut

Alih-alih mengunyah es batu, Matthew mengatakan cobalah menahannya di mulut dan membiarkannya meleleh. Sensasi sejuk dan kesegaran yang memuaskan akan bertahan lebih lama dan itu tidak merusak gigi atau gusi.

2. Berhenti mengonsumsi es

Anda juga dapat melewatkan es sama sekali. Jika tidak ada di gelas Anda, tidak ada godaan.

“Selain mencegah kerusakan pada gigi, Anda juga dapat menghindari bakteri yang dapat berlama-lama di pembuat es,” ujarnya.

3. Pertimbangkan alternatif yang lebih lembut

Mengganti es batu dengan jenis es yang lebih lembut, seperti es serut, dapat membantu. Namun, cobalah untuk membatasi atau menghindari rasa es yang lembut, karena mengandung banyak gula, yang tentu saja tidak baik untuk gigi Anda.

4. Makan sesuatu yang lebih sehat

Terakhir, Matthew menyebutkan makan wortel mentah, irisan apel, atau buah dan sayuran segar lainnya bisa membantu.

Makanan tersebut dapat memuaskan keinginan untuk mengunyah sekaligus merangsang aliran air liur, yang melindungi mulut. Bahan berserat juga dapat membantu menjaga gigi tetap bersih. (Ni Luh Anggela)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Syahran Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.