Hyundai dan JTC Bangun Model Transportasi Cerdas di Singapura

Hyundai Motor Group dan JTC akan mengembangkan model model transportasi dan logistik cerdas untuk Distrik Inovasi Jurong, Singapura.

Fatkhul Maskur

26 Jan 2022 - 11.30
A-
A+
Hyundai dan JTC Bangun Model Transportasi Cerdas di Singapura

Kemitraan ini akan berlangsung di Jurong Innovation District. - HYUNDAI

Bisnis, JAKARTA - Di Asia Tenggara, Hyundai menjadi Indonesia dan Singapura sebagai pijakan penting bagi bisnisnya. Terbaru, Hyundai menggandeng JTC untuk membangun model model transportasi dan logistik pintar di Distrik Inovasi Jurong, Singapura.

Hyundai Motor Group dan JTC mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) untuk mengembangkan opsi mobilitas kawasan industri dan bisnis generasi mendatang di Singapura, Rabu (26/1/2022).

Grup Hyundai akan memanfaatkan keahlian mobilitasnya dan mengembangkan model transportasi berdasarkan analisis permintaan transportasi Distrik Inovasi Jurong. Adapun JTC akan menyediakan data pendukung penelitian. Hyundai aka menggunakan hasil penelitian untuk mengembangkan opsi mobilitas cerdas di kawasan industri generasi berikutnya.

Solusi mobilitas mencakup dalam pemodelan transportasi, tetapi tidak terbatas pada kendaraan listrik (EV) dan kendaraan otonom (AV), yang selaras dengan visi negara cerdas Singapura.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan arus transportasi orang dan barang di Distrik Inovasi Jurong. Hasil riset ini juga berpotensi membantu untuk menetapkan pedoman perencanaan kota yang dapat mendukung opsi mobilitas cerdas. Ruang yang biasanya disisihkan untuk jalan konvensional juga dapat digunakan kembali untuk individu, bisnis, atau tanaman hijau.

Kemitraan ini akan berlangsung di Jurong Innovation District. Direncanakan dan dikembangkan oleh JTC, Jurong Innovation District seluas 600 hektar adalah pusat manufaktur maju terkemuka di Asia, yang telah menarik ekosistem lembaga penelitian, pengembang kemampuan, penyedia teknologi dan pelatihan, serta pabrik masa depan yang terus berkembang.

“Kami selalu mencari solusi inovatif yang dapat memberi kami wawasan tentang cara yang lebih baik untuk merancang dan membuat masterplan kawasan industri dan ekosistem Singapura generasi berikutnya. Melalui testbeds yang bekerja sama dengan mitra di sini, kami berharap dapat mengembangkan model dan pedoman mobilitas cerdas yang pada akhirnya dapat bermanfaat bagi smart estate JTC di masa depan,” ujar Tan Boon Khai, Chief Executive Officer JTC.

Hyundai mengharapkan proyek ini berfungsi sebagai batu loncatan untuk proyek kota pintar masa depan di Singapura, dan berharap pemodelan transportasi ini dan proyek selanjutnya menjadi model inovasi swasta dan kebijakan pemerintah yang bekerja bersama-sama.

"Proyek ini merupakan bagian dari upaya Grup untuk bekerja sama secara erat dengan agensi lokal dengan meluncurkan program percontohan di Singapura sebagai tempat uji untuk teknologi canggih di bidang mobilitas, solusi kota pintar, dan manufaktur cerdas," ujar Youngcho Chi, Presiden dan Kepala Inovasi Petugas untuk Grup Hyundai.

Pada akhir 2022, Grup Hyundai akan menyelesaikan pembangunan HMGICS, pusat inovasi Grup, yang terletak di Distrik Inovasi Jurong. 

HMGICS akan mempelopori upaya Grup untuk merevolusi mobilitas orang dan barang, mendukung kemajuan dalam inisiatif kota pintar, dan mengembangkan platform manufaktur generasi berikutnya. HMGICS akan berkolaborasi dengan perusahaan rintisan global dan universitas di Singapura untuk mencapai tujuannya.

Grup Hyundai berencana untuk memperluas pelajaran dari HMGICS ke pasar di seluruh dunia dan memberi manfaat bagi umat manusia sebagai pengubah permainan di industri mobilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.