Ibu Rumah Tangga Berpenghasilan, Daftar Ide Usaha di 2023

Setidaknya ada berbagai jenis usaha yang bisa para ibu lakukan. Berikut adalah ide yang mungkin bisa dijadikan rujukan.

Jaffry Prabu Prakoso

6 Feb 2023 - 12.22
A-
A+
Ibu Rumah Tangga Berpenghasilan, Daftar Ide Usaha di 2023

Pelaku UMKM memanfaatkan marketplace Tokopedia untuk menjual produknya. Digitalisasi UMKM menjadi faktor penting untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19. /Bisnis-Dinda Wulandari

Bisnis, JAKARTA – Menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya tidak menghalangi kaum hawa, apalagi yang sudah memiliki anak untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Berbagai cara bisa dilakukan dengan menjadi pengusaha hanya dari rumah.

Setidaknya ada berbagai jenis usaha yang bisa para ibu lakukan. Berikut adalah ide yang mungkin bisa dijadikan rujukan seperti dikutip dari finansialku.com.


Pelaku usaha UMKM menyiapkan pesanan pembeli yang bertransaksi secara online. /Bisnis - M. Faisal Nur Ikhsan

 


Reseller dan Dropship

Produk apapun bisa dicoba untuk menjalankan bisnis ini adalah pakaian anak, kosmetik, pakaian dewasa, hingga makanan.

Anda hanya perlu aktif di internet, baik itu sosial media maupun marketplace untuk menawarkan produk. Tak hanya itu, barang yang dijual kembali ini juga bisa ditawarkan secara offline kepada tetangga atau teman.

 

Jasa Rias

Mungkin semua wanita bisa berdandan. Namun, tak semua agenda membolehkan mereka untuk merias dirinya sendiri. Misalnya saat menikah atau wisuda. Anda bisa menjalankan usaha sampingan jasa rias yang cukup fleksibel dan tak membuang banyak waktu.

Baca juga: Memulai Bisnis "Skincare" yang Prospeknya Makin Menggiurkan 

Katering

Usaha sampingan ini sudah banyak para ibu rumah tangga lakukan karena cukup menjanjikan.

Usaha sampingan ini berpotensi memberikan kesempatan ibu rumah tangga mendapatkan pemasukan lebih. Itu karena bisa dinilai bisnis makanan adalah usaha yang bisa memberikan profit besar.

Selain itu, saat mengerjakan pesanan, Anda bisa sekalian menyiapkan makanan rumah untuk suami dan anak.

 

Bisnis Menjahit

Jasa jahit pakaian masih banyak dicari oleh orang karena sebagian dari mereka sering kali tidak memiliki ukuran cocok untuk badan. 

Jika Anda meningkatkan kemampuan tambahan seperti menjahit kebaya dalam berbagai model atau memiliki kemampuan membordir, ini akan menjadi nilai tambah.

Baca juga: Usaha Sulit Berkembang? Mungkin ini Penyebabnya 

Toko Kelontong

Biasanya orang membutuhkan sesuatu dengan skala kecil dan malas untuk membeli barang di toko besar karena jarak yang jauh.

Di sini fungsi toko kelontong yang menjual aneka barang dagangan. Modalnya pun tidak terlampau besar jika Anda membukanya di rumah.

 

Frozen Food

Frozen food adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Jadi, hanya perlu kita hangatkan untuk dapat dikonsumsi.

Bentuknya yang praktis inilah yang membuat banyak orang memilih membeli frozen food. Modal untuk bisnis ini adalah freezer dan alat pembungkus (packing).

 

Bisnis Hijab

Untuk penduduk yang mayoritas Muslim, bisnis ini boleh dibilang akan terus meningkat. Anda hanya perlu meng-update berbagai model jilbab terbaru serta menarik agar dapat menjadi ciri khas tersendiri.

Anda juga harus paham benar macam-macam kerudung dengan perkembangan dunia fashion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.