Ide Bisnis Menarik Peluang Cuan Jelang HUT Kemerdekaan RI

Momen perayaan HUT RI yang kerap dimeriahkan dengan beragam kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis dan mendapatkan cuan lebih bagi Anda yang ingin berbisnis.

Jaffry Prabu Prakoso

12 Agt 2023 - 11.51
A-
A+
Ide Bisnis Menarik Peluang Cuan Jelang HUT Kemerdekaan RI

Perayaan HUT RI. /bisnis

Bisnis, JAKARTA – Di Indonesia, peringatan hari kemerdekaan jatuh pada 17 Agustus setiap tahunnya.

Biasanya, 17 Agustus kerap dimeriahkan dengan beragam acara. Mulai dari upacara bendera merah putih hingga kegiatan lomba di berbagai tempat seperti, RT/RW, sekolah, hingga perkantoran.

Momen perayaan HUT RI yang kerap dimeriahkan dengan beragam kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis dan mendapatkan cuan lebih bagi Anda yang ingin berbisnis.

Berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa menjadi inspirasi menjelang perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

1. Menjual bendera dan atribut 17-an

Memperingati Hari Kemerdekaan RI belum lengkap rasanya jika belum memiliki atribut bertema Kemerdekaan RI. Salah satu atribut yang wajib dimiliki adalah bendera merah putih.

Menjelang 17 Agustus, orang-orang akan mengibarkan bendera merah putih di tiap-tiap rumahnya sebagai tanda sikap nasionalisme.

Baca juga: Penyebab Bisnis UMKM Bangkrut: Tantangan dan Faktor Utama

Selain bendera, berbagai macam dekorasi dan atribut yang bertemakan merah putih pasti juga diminati masyarakat, seperti umbul-umbul.

2. Jual atau sewa pakaian adat dan kostum karnaval

Salah satu perlombaan yang kerap kali memeriahkan perayaan 17 Agustus adalah karnaval dan pakaian adat.

Mengingat tidak semua orang memiliki baju daerah adat yang bukan asalnya, binis sewa pakaian adat bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa dicoba.

3. Menjual perlengkapan lomba

Selain upacara bendera, kegiatan lomba yang diselenggarakan di tingkat RT/RW, sekolah, bahkan di perkantoran juga dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI. Untuk menyelenggarakan kegiatan ini, beragam perlengkapan lomba 17 Agustus pasti dibutuhkan.


Penjual bendera. /Blorakab


Beberapa perlengkapan lomba 17-an yang paling banyak dicari masyarakat adalah tali rafia, tali tambang, hingga karung.

4. Menjual piala atau medali

Piala atau medali merupakan bentuk hadiah selain uang tunai atau hadiah lain yang biasa diberikan panita kepada pemenang. Oleh karena itu, menjual piala atau medali bisa menjadi ide bisnis menjelang Hari kemerdekaan RI.

5. Jasa fotografi atau dokumentasi

Selain berjualan barang, Anda juga bisa kembangkan ide bisnis hari kemerdekaan, berupa jasa seperti fotografi. Di era digital, banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi. Sebab, tidak semua orang memiliki keahlian dalam memotret.

Pada momen hari kemerdekaan RI yang hanya terjadi setiap setahun sekali, tentunya banyak hal-hal yang ingin didokumentasikan, seperti upacara bendera, perlombaan, atau acara kemerdekaan di berbagai skala.

Baca juga: Ini Dia Peluang Usaha dengan Modal Rp5 Juta

Tak heran banyak orang yang tertarik untuk mengabadikan momen 17 Agustus melalui jasa fotografi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

6. Bisnis kuliner

Setelah mengikuti berbagai kegiatan di hari kemerdekaan, biasanya peserta atau panitia merasakan dahaga dan lapar. Anda bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan keuntung dengan berjualan makanan atau minuman ringan di sekitar lokasi keramaian tersebut.

Agar lebih menarik, Anda bisa mencoba untuk mengkreasikan menu dengan nama-nama yang unik dan menyajikan jajanan tradisional khas Nusantara. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.