IEU CEPA dan Nasib Perdagangan CPO dan Nikel ke Eropa

Indonesia membidik penyelesaian perjanjian dagang dengan Uni Eropa sebelum berakhirnya masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Kendati demikian, sejumlah isu masih menjadi tanda tanya seperti perdagangan minyak sawit mentah dan gugatan terhadap komoditas nikel.

Akbar Evandio

26 Jun 2024 - 19.42
A-
A+
IEU CEPA dan Nasib Perdagangan CPO dan Nikel ke Eropa

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Komisi Uni Eropa (UE) Ursula von der Leyen di Jepang. BPMI

Bisnis, JAKARTA - Penyelesaian perundingan Indonesia - European Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU-CEPA) diprediksi rampung pada Juli 2024. Sejumlah isu seperti perdagangan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan gugatan terkait nikel dengan Benua Biru diyakini akan mencapai titik temu. 

Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Benua Biru telah dimulai sejak 18 Juli 2016. Namun hingga kini, perjanjian dagang tersebut belum mencapai titik temu seiring dengan alotnya perundingan kedua belah pihak. 

Selama delapan tahun, Indonesia dan Uni Eropa telah melakukan 18 kali pertemuan. Pertemuan ke-19 pada Juli mendatang diharapkan menjadi perundingan terakhir untuk mencapai kata sepakat.

“Sudah hampir 90% [rampung], oleh karenanya diharapkan bulan depan akan ada pertemuan yang ke-19 di Indonesia. Maka, pertemuan ke-19 besok rampung,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Selasa (26/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.