IKEA Dituding Gunakan Kayu Ilegal Asal Rusia

IKEA membantah melakukan kesalahan dan mengatakan telah memutuskan hubungan dengan Bakurov begitu titik terang itu terungkap.

Zufrizal
Jul 15, 2021 - 9:39 AM
A-
A+
IKEA Dituding Gunakan Kayu Ilegal Asal Rusia

Gerai IKEA Alam Sutera./hero.co.id

Bisnis.com, JAKARTA — Raksasa furnitur asal Swedia, IKEA, dituduh  menggunakan kayu ilegal Rusia dalam menghasilkan berbagai produk mereka.

Dalam sebuah laporan—IKEA’s House of Horrors The Stolen Russian Forests Being Greenwashed into Kids’ Furniture—yang diterbitkan Kamis (15/7/2021) , LSM lingkungan Earthsight mengeklaim bahwa perusahaan Swedia itu “mengambil pinus dari sekelompok perusahaan yang bersalah karena secara ilegal menebang sekitar 4 juta pohon di hutan kritis iklim Siberia selama dekade terakhir.”

Laporan itu diterbitkan setelah penyelidikan Earthsight selama setahun terhadap penggunaan kayu Rusia oleh IKEA.

Earthsight mengatakan, “Tidak diragukan lagi bahwa kayu ilegal telah memasuki rantai pasokan IKEA.” Produsen produk IKEA di Indonesia, China dan Rusia telah menggunakan “pinus Siberia secara ilegal” untuk memproduksi berbagai produk anak-anak yang dijual di toko IKEA di seluruh Eropa dan AS.

Sumber: www.earthsight.org.uk

Tuduhan tersebut merujuk pada pemasok IKEA ExportLes, sebuah perusahaan kayu yang berbasis di Siberia dan dikendalikan oleh politisi wilayah Irkutsk Yevgeny Bakurov.

Investigasi oleh otoritas Rusia, serta Earthsight, telah menemukan sejumlah pelanggaran hukum lingkungan dan kehutanan oleh perusahaan Bakurov, termasuk penebangan liar di hutan lindung.

IKEA membantah melakukan kesalahan dan mengatakan telah memutuskan hubungan dengan Bakurov begitu titik terang itu terungkap.

“Dalam keadaan apa pun Ikea tidak menerima kayu yang ditebang secara ilegal,” kata IKEA dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke The Moscow Times, seperti dikutip dari www.themoscowtimes.com, Kamis (15/7/2021).

Pabrikan furnitur Swedia mengakui bahwa mereka secara historis mengambil kayu dari "perusahaan yang berafiliasi dengan Bakurov," tetapi mengatakan pasokan tersebut telah "secara resmi disahkan oleh otoritas kehutanan Rusia" dan dibeli "mengikuti prosedur hukum yang benar."

IKEA menambahkan bahwa mereka telah berhenti bekerja dengan sejumlah perusahaan yang terkait dengan Bakurov pada Maret 2021 berdasarkan hasil penyelidikan oleh otoritas Rusia terhadap kesalahan seputar izin penebangan yang dikeluarkan untuk ExportLes yang mengizinkan penebangan pohon.

Rusia adalah sumber kayu terbesar kedua IKEA, setara dengan lebih kurang 1 juta pohon Rusia digunakan untuk membuat furnitur IKEA setiap tahun.

Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar