Ikhtiar Bank Kecil Pertebal Kecukupan Modal Lewat Rights Issue

Dengan capital adequacy ratio (CAR) lebih tinggi, bank akan lebih leluasa berkembang dan lebih mampu menyerap risiko pada masa depan.

Arlina Laras & Emanuel Berkah Caesario

30 Sep 2023 - 16.20
A-
A+
Ikhtiar Bank Kecil Pertebal Kecukupan Modal Lewat Rights Issue

Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham di PT Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (26/7/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Sejumlah bank kecil berencana menggelar penambahan modal melalui aksi rights issue demi mengincar peningkatan rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) agar lebih leluasa berekspansi dan meredam potensi risiko di masa depan.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), rata-rata rasio CAR industri perbankan berada di level 27,46 persen per Juli 2023, naik 183 basis points (bps) dari posisi sebelumnya 25,63 persen per Desember 2022.

Angka ini termasuk aman bisa mengacu pada standar Bank for International Settlements (BIS), yang mematok CAR minimal sebesar 8 persen. Sementara itu, OJK mematok CAR minimal bagi bank di Indonesia di level 11 persen hingga 14 persen untuk bank dengan profil risiko peringkat 4 atau 5.

Meskipun secara rata-rata kondisi CAR industri perbankan nasional cukup tinggi, kondisinya tidak merata di semua bank. Sejumlah bank kecil masih membutuhkan peningkatan CAR agar bisnisnya lebih stabil dan berkelanjutan. Untuk itu, aksi rights issue menjadi opsi yang diambil sejumlah bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.