IKN Berkonsep Smart Forest City dan Dikelilingi Banyak Jalan Tol

Meskipun IKN mengusung konsep smart forest city, namun rupanya konektivitas jalan tol di kawasan tersebut juga dipacu. Nantinya akan ada sejumlah ruas jalan tol yang akan mengelilingi ibu kota baru tersebut. Akan ada 9 ruas tol IKN sepanjang 75,62 Km. Dari 9 ruas tol tersebut, 4 akan selesai di 2024.

Yanita Petriella

17 Sep 2022 - 14.58
A-
A+
IKN Berkonsep Smart Forest City dan Dikelilingi Banyak Jalan Tol

ilustrasi design IKN

Bisnis, JAKARTA – Meskipun Ibu Kota Negara (IKN) mengusung konsep smart forest city, namun rupanya konektivitas jalan tol di kawasan tersebut juga dipacu. Nantinya akan ada sejumlah ruas jalan tol yang akan mengelilingi ibu kota baru tersebut. 

Memang menjadi sebuah kontradiksi karena pada awalnya pemerintah menginginkan IKN ini mengusung konsep kota hijau, ramah lingkungan, dan menyediakan fasilitas transportasi publik yang lengkap.

Skema transportasi di IKN akan mengusung konsep Ten Minute City atau Kota Sepuluh Menit. Nantinya, transportasi di IKN Nusantara bakal jauh berbeda dengan ibu kota saat ini, Jakarta. Di IKN Nusantara penggunaan transportasi pribadi bakal dikurangi. 

Tentunya, penggunaan kendaraan pribadi akan dipersulit. Bahkan, di jam sibuk kendaraan pribadi akan dilarang beroperasi di jalan-jalan utama. Adapun sebesar 80 persen perjalanan di IKN akan menggunakan transportasi umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

IKN Berkonsep Smart Forest City dan Dikelilingi Banyak Jalan Tol

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.