IMF Ramal Ekonomi India Bakal Berkontribusi Besar untuk Global

Kontribusi India terhadap ekonomi global diyakini bakal tumbuh signifikan dalam 5 tahun ke depan seiring dengan tingginya laju pertumbuhan ekonomi India dan upayanya mengalahkan China.

Aprianto Cahyo & Jessica Gabriela Soehandoko

20 Okt 2023 - 16.26
A-
A+
IMF Ramal Ekonomi India Bakal Berkontribusi Besar untuk Global

Ilustrasi (Canva)

Bisnis, JAKARTA - Kontribusi India terhadap ekonomi global diyakini bakal tumbuh signifikan dalam 5 tahun ke depan seiring dengan tingginya laju pertumbuhan ekonomi India dan upayanya mengalahkan China.  

Hal itu diungkap oleh Dana Moneter Internasional (IMF). Pertumbuhan India yang lebih cepat dibandingkan dengan perlambatan ekonomi China dapat membuat negara Asia Selatan ini memberikan kontribusi yang lebih besar pada pertumbuhan global dibandingkan dengan saingannya yang lebih besar, meskipun hanya sementara.

"India kemungkinan akan menyumbang 18% dari pertumbuhan dunia pada tahun 2028, naik dari 16% saat ini,” ungkap Direktur Departemen Asia dan Pasifik IMF Krishna Srinivasan seperti dilansir Bisnis.com yang melansir Bloomberg, Jumat (20/10/2023).

Berdasarkan estimasi terbaru dari IMF, produk domestik bruto (PDB) nominal China diperkirakan meningkat menjadi US$23,61 triliun pada tahun 2028, sementara India akan mencapai US$5,94 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.