Impor Bahan Baku Susut: Deindustrialisasi atau Efek Substitusi?

Penurunan impor tak melulu memberikan sinyal positif bagi ekonomi, terlebih jika menyangkut bahan baku/penolong dan barang modal. Bisa jadi ini menjadi alarm bagi kinerja industri pengolahan.

Fatkhul Maskur

21 Sep 2023 - 19.08
A-
A+
Impor Bahan Baku Susut: Deindustrialisasi atau Efek Substitusi?

Seluruh sublapangan usaha diprakirakan berada pada fase ekspansi, dengan indeks tertinggi terjadi pada industri mesin dan perlengkapan. - Foto Dharma

Bisnis, JAKARTA - Penurunan impor tak melulu memberikan sinyal positif bagi ekonomi, terlebih jika menyangkut bahan baku/penolong dan barang modal. Bisa jadi ini menjadi alarm bagi kinerja industri pengolahan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor bahan baku/penolong dan barang modal mengalami penurunan, sehingga kinerja impor secara keseluruhan merosot hingga 3,53% month-to-month (mtm) menjadi US$18,88 miliar.

Adapun, nilai impor bahan baku atau penolong menurun 4,13% dibandingkan dengan bulan lalu pada Agustus 2023 menjadi US$13,34 miliar, dari sebelumnya US$13,92 miliar. Begitu pun secara tahunan yang turun 20,39% year-on-year (yoy), pada 2022 nilai impor mencapai US$16,76 miliar.

Kondisi yang sama terjadi pada impor barang modal yang mengalami penurunan menjadi US$3,40 miliar. Adapun, angka tersebut turun 4,56% dibandingkan dengan Juli 2023 sebesar US$3,56 miliar, dan turun 3,97% yoy dibandingkan Agustus 2022 sebesar US$3,54 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Impor Bahan Baku Susut: Deindustrialisasi atau Efek Substitusi?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.