Impor Bahan Sepatu, Hwaseung Kantongi Fasilitas Gudang Berikat

PT Hwaseung Chemical Indonesia, perusahaan di Cikupa Tengerang, asal Korea Selatan, mengantongi fasilitas gudang berikat dari Bea Cukai. Perusahaan ini akan mengimpor barang kimia bahan sepatu.

Fatkhul Maskur

16 Feb 2024 - 14.13
A-
A+
Impor Bahan Sepatu, Hwaseung Kantongi Fasilitas Gudang Berikat

Pabrik Sepatu. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA--PT Hwaseung Chemical Indonesia, perusahaan di Cikupa Tengerang, asal Korea Selatan, mengantongi fasilitas gudang berikat dari Bea Cukai. Perusahaan ini akan mengimpor barang kimia bahan sepatu.

Hwaseung adalah pabrikan sepatu yang sempat menjadikan Indonesia dan Thailand sebagai basis ekspansi pabriknya di luar negeri, sebelum bergerak ke Vietnam. Di Indonesia, Hwaseung memproduksi sepatu merek Adidas dan Reebok.

Selain memproduksi sepatu, Hwaseung juga menjadi importir dan pemasok kebutuhan bahan baku pabrikan sepatu melalui PT Hwaseung Chemical Indonesia, yang memiliki gudang di Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

PT Hwaseung Chemical Indonesia adalah salah satu penerima izin fasilitas gudang berikat dari Ditjen Bea Cukai.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten Rahmat Subagio mengatakan, izin fasilitas gudang berikat diberikan kepada PT Hwaseung Chemical Indonesia, Jumat (2/2/2024).

"Izin tersebut diberikan pada rapat penilaian oleh Tim Kolaborasi Pemberian Fasilitas Kanwil Bea Cukai Banten," katanya dalam siaran pers DJBC, Kamis (15/2/2024).  

Ia mengatakan, rapat penilaian dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom bersama Bea Cukai Tangerang, selaku unit yang mengawasi dan melayani langsung PT Hwaseung Chemical Indonesia.

Rapat penilaian merupakan tahap penelitian kelengkapan persyaratan setelah perusahaan lolos pemeriksaan awal dari Bea Cukai Tangerang, mencakup syarat administrasi, luasan pabrik/gudang, pagar pembatas, dan ruangan penyimpanan barang impor (bahan baku).

Setelah persyaratan dinilai lengkap, perusahaan mengajukan izin permohonan fasilitas ke aplikasi Siap Kaban (Sistem Aplikasi Pengawasan dan Pelayanan Kanwil Bea Cukai Banten).

Pengajuan izin secara daring diharapkan dapat memudahkan pengguna jasa dalam mengajukan permohonan, karena pengguna jasa tidak perlu menyerahkan berkas permohonan fisik ke kantor Bea Cukai.

“Fasilitas kami berikan tentunya setelah pemeriksaan di lapangan dan penelitian atas kelengkapan persyaratan, lalu diuji dengan tanya jawab. Hal ini dimaksudkan agar kami benar-benar yakin bahwa pemberian fasilitas tersebut tepat sasaran,” ujar Rahmat.

Baca Juga

Industri Alas Kaki (Tak) Gentar Hadapi Resesi

Mengejar Performa Sepatu Vietnam Lewat Eropa

Gudang berikat milik PT Hwaseung Chemical Indonesia berlokasi di Kecamatan Cikupa, Tangerang. Perusahaan ini berencana akan melakukan importasi barang kimia berupa adhesive shoe, chemical for shoe (cleaner dan tinta), ethanol, hot melt adhesive, polyisocynate, dan polyurethane resin.

Bahan baku yang ditimbun di gudang berikat Hwaseung Chemical rencananya akan didistribusikan guna mendukung perusahaan industri nasional di kawasan berikat dan tempat lain dalam daerah pabean, khususnya industri alas kaki, sepatu, dan kulit di Indonesia.

Dengan fasilitas gudang berikat, perusahaan akan mendapatkan penangguhan bea masuk. Selain itu, kepada gudang berikat juga diberikan fasilitas kemudahan pelayanan perijinan, kemudahan pelayanan kegiatan operasional, dan kemudahan kepabeanan dan cukai lainnya.

“Kami akan terus mendorong para pelaku bisnis dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemeritah melalui Bea Cukai, guna mendukung pengembangan usahanya, khususnya yang berorientasi ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.