Impor Beras Mulai Mendesak, Harga Beras Makin Merangkak

Impor beras konsumsi makin mendesak setelah pasokan beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) menipis. Menipisnya stok komoditas pangan ini turut mengerek harga beras di pasaran.

Rayful Mudassir

29 Nov 2022 - 20.15
A-
A+
Impor Beras Mulai Mendesak, Harga Beras Makin Merangkak

Pekerja berada di gudang Bulog di Jakarta, Rabu (2/9/2020). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA - Impor beras konsumsi makin mendesak setelah pasokan beras di pasar utama menipis. Harga komoditas pangan ini di pasaran juga terus merangkak menyikapi ketersediaan stok di pedagang. 

Ketersediaan beras konsumsi semakin terkikis menjelang berlalunya November. Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), pusat perdagangan beras di DKI Jakarta mengakui pasokan beras yang dimiliki pedagang makin menipis. 

Ketua Koperasi PIBC Zulkifli Rasyid mengatakan pasokan beras saat normal ke PIBC dapat mencapai 2.500-3.000 ton per hari. Namun, saat ini pasokan makin menipis yang mengakibatkan terkereknya harga beras medium.

Situasi ini praktis menyebabkan terkereknya harga beras di tingkat pedagang. Sebagai perbandingan, beras medium pada Agustus hanya Rp8.300 per kg. Terkini, harga beras konsumsi tersebut telah merangkak menjadi Rp9.200 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Impor Beras Mulai Mendesak, Harga Beras Makin Merangkak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.