Impor Garam Membludak, Industri Makanan Masih Kurang Banyak

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) menyebut ketersediaan bahan baku hampir semua terpenuhi jelang Ramadan, kecuali garam yang tersendat. Padahal, pasokan sepanjang tahun lalu telah meroket.

Afiffah Rahmah Nurdifa & Fatkhul Maskur

14 Feb 2024 - 16.55
A-
A+
Impor Garam Membludak, Industri Makanan Masih Kurang Banyak

Sea salt (kode HS 25010050) adalah garam yang diperoleh dari penguapan air laut atau danau air asin. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) menyebut ketersediaan bahan baku hampir semua terpenuhi jelang Ramadan, kecuali garam yang tersendat. Padahal, pasokan sepanjang tahun lalu telah meroket.

Ketua Umum Gapmmi Adhi S. Lukman mengatakan bahan baku berupa garam untuk industri mamin terkendala izin impor, khususnya garam yang tidak tersedia dalam negeri.

"Salah satunya garam, kalau yang lain sudah keluar izinnya gula sudah, jagung sudah, tinggal garam saja sejauh ini," kata Adhi, Selasa (13/2/2024).

Gapmmi tengah membahas persetujuan impor (PI) garam dengan Kementerian Perdagangan agar izinnya dapat segera diterbitkan. Sebab, kebutuhan garam jelang Ramadan akan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.